Misi Terlaksana, Satgasla Koarmada II Kembali Ke Pangkalan

0

Surabaya | Kilasberita.id – Satuan Tugas Laut Koarmada II selesai melaksanakan misi Latihan Lanjutan Armada Jaya XXXIX/2021 (Setingkat-L4), serta Serbuan Vaksinasi di Kepulauan Karimunjawa. Satgasla yang berada dibawah komando Kolonel Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., M.A.P ini selanjutnya berlayar kembali ke Pangkalan Surabaya dan tiba dengan aman. (17/08/21).

Selama perjalanan lintas laut kembali ke pangkalan, serangkaian serial latihan dilaksanakan oleh personel Satgasla. Serial latihan yang dilaksanakan diantaranya adalah Damage Control Exercise, Flashex, SYNTEX 540 atau Surface Plotting, SYNTEX 511 atau Air Plotting dan MISCEX 806 atau RAS Approach, dilanjutkan dengan Photo Exercise untuk mendokumentasikan unsur-unsur Satgasla dari udara menggunakan Heli Panther dan diakhiri dengan serial Entering Harbour. 

Baca Juga :  BEM Nusantara Sumut Bantu Pemerintah Fokus Penanggulangan Covid-19

Setelah sampai di Pangkalan Surabaya, seluruh hasil latihan dikaji ulang melalui kegiatan wash-up untuk mengevaluasi pelaksanaan latihan dan memberikan saran guna meningkatkan performa dan kesiapan unsur serta prajurit Koarmada II dalam latihan maupun operasi selanjutnya.

“Untuk memelihara dan meningkatkan kesiapan tempur dan profesionalisme prajurit TNI AL, tidak ada cara lain selain dengan melaksanakan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut”, ujar Kolonel \ Awang Bawono. 

Hal ini menurutnya sesuai dengan pernyataan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., bahwa Kejayaan TNI AL sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang harus memiliki keunggulan karakter dan profesionalisme. Selaras dengan doktrin Jalasveva Jayamahe, kekuatan TNI AL memiliki karakter yang dipengaruhi oleh medan tugasnya di laut serta karakteristik kekuatan dan kemampuan armada tempurnya. Salah satu karakter kekuatan TNI AL adalah kekuatan militer yang selalu siap dioperasionalkan atau ready force. 

Baca Juga :  Richaed Mamuntu Meminta Masyarakat Dukung Keberadaan KEK Bitung

Lebih lanjut Ia mengungkapkan jika selama kegiatan latihan tempur laut dan serbuan vaksin yang melibatkan 1.300 personel TNI AL ini, tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sesuai dengan penekanan dari Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han).

(Pen2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!