Sungai Cigatet Dinormalisasi, Kades : Ini Program Edukasi Masyarakat

0

BOGOR- Pemdes Leuwiliang kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor bersama warga, RT/RW dan intasi  UPT Pengairan IV Leuwiliang serta DLHK kabupaten Bogor lakukan bersih-bersih ( red  ) Normalisasi Aliran Cigatet Bebas Sampah.

Kegiatan tersebut untuk mencegah ancaman banjir, karena pendangkalan aliran sungai akibat penumpukan Sampah di aliran sungai Cigatet Leuwiliang.

Kedangkalan yang disebabkan oleh penumpukan sampah tentunya akan mengacam, apabila sungai Cigatet mengalami banjir.

Diketahui Empat kampung bisa terancam banjir jika sungai tersebut meluap. Kampung yang akan terdampak diantaranya, Lebak kaum, kampung putra harapan, kampung Lebak pasar dan 4. kampung Cimanis.

Kades Leuwiliang H Iman menerangkan kegiatan bersih-bersih sampah di aliran sungai Cigatet adalah  bentuk sosialisasi nyata dari warga. Agar semua pihak jangan di biasakan buang sampah ke Aliran Sungai Cigatet.

Baca Juga :  Satgas TMMD Bersama Masyarakat Memasang Jendela dan Pintu Rumah Warga Kampung Okor

“Apabila aliran sungai Cigatet di penuh sampah  tentunya akan mengancam
Ke beberapa kampung seperti kampung Lebak kaum,  kampung putra harapan, kampung cimanis, dan kampung Lebak pasar apa bila aliran sungai Cigatet meluap akbit ke dangkal yang di akibatkan penumpukan  sampah”. Ujar kades Iman  ke media ini pada Minggu, (22/08/21)

Kades Iman juga menambahkan Kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa memiliki sungai Cigatet untuk bisa di eduksi sumber airnya untuk kepentingan warga.

” kalau aliran sungai Cigatet bebas sampah tentunya warga bisa di jadikan tanam ikan yang bisa di eduksi oleh warga”. ucapnya.

Baca Juga :  Kades Leuwiliang Diduga Lakukan Pembongkaran Kios Disepanjang Jalan Masuk Terminal Leuwiliang Tidak Sesuai SOP atau Juklak dan Juknis

Kades menjelaskan Gerakan bersih bersih di Aliaran Cigatet ini sebagai pembuka awal dalam program normalisasi aliran Cigatet.

“kita akan terus berkoordinasi dengan leadink sektor seperti PUPR irigasi dan DLHK agar pencegahan pendangkal di aliran Cigatet yang mbawa dampak banjir yang di akibatkan sampah”. Jelasnya

Ka TU infraskturktur irigasi dan pengairan  wilayah IV Leuwiliang  Badri Mengapresiasi kegiatan bersih bersih sampah di Aliran sungai Cigatet oleh Pemdes Leuwiliang dan DLHK kabupaten Bogor.

“Tentunya kegiatan tersebut akan membawa dampak positif”. Tungkasnya  ( Sep hurung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!