Sungai Mulai Dangkal, Tiga Instansi Wilayah Leuwiliang Lakukan Koordinasi

0

BOGOR- UPT infrastruktur Irigasi dan Pengairan wilayah IV Leuwiliang serta kasi Exbang Kecamatan Leuwiliang menyusurvai keadaan Kondisi aliran Sungai Cigatet Yang sudah dangkal.

Menurut Informasi yang dihimpun Sungai Cigatet tidak seperti dulu yang asri tanpa sampah, saat ini diduga akibat penumpukan sampah yang berada di Desa Leuwiliang kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor sungai tersebut mengalami kedangkalan.

Hal tersebut menjadi perhatian dari UPT infrastruktur irigasi dan pengairan wilayah IV Leuwiling  dan Kasi  Exbang Kecamatan Leuwiliang Serta Pemdes Leuwiliang.

Para intansi tersebut rencananya akan berkoordinasi untuk mencegah banjir yang di Akibatan penumpukan sampah.

Kades Leuwiliang H Iman mengatakan UPT infersktuktur Irigasi dan  pengairan serta kasi  Ekbang Kecamatan Leuwiliang sudah menyusurvai ke lapangan disepanjang aliran kali Cigatet Cianten.

Baca Juga :  Jalan Rusak Dibelakang Pasar Leuwiliang Terabaikan, UPT dan Desa : Tahap Koordinasi

Kades H Iman dengan pendangkalan aliran sungai Cigatet yang di sebabkan oleh penumpukan sampah yang  akan berdampak banjir.

” Apabila di musim penghujan sampah itu menyembat dengan tegas akan merusak infrasktur atau air itu meluap”. Ujar Kades

Ka TU infrakstruktur irigasi dan pengairan  wilayah IV Leuwiliang  Badri Salam menjelaskan terdapat Aliran sekunder dan aliran tresier yang masuk dalam program UPT dan Pemerintah Desa.

“Kalau aliran sekunder itu milik pengairan ” kita akan masuk ke program kerja sesuai aturan dan tahapan tentuny”. Kata Badri

Menurutnya aliran tresier masuk dalam kewenangan Pemerintahan Desa.

“Karena di Aliran Cigatet  itu ada aliar sekunder dan aliran tresier tentunya kita perlu berkoordinasi dengan Desa dan kecamatan”. Jelas Ka TU Pengairan Badri Salam pada Selasa, (24/08/21)

Baca Juga :  Enjum, ASN Purp Kab. Bogor Ini Mengisi Weekend Dengan Bercocok Tanam Bidroponik

Kasi Exbang Kecamatan Leuwiliang Yoga menambahkan, Keberadaan aliran Cigatet yang di jadikan tempat pembuangan sampah perlu menjadi perhatian khusus, perhatian khusus ini tentunya agar tidak membawa dampak negatif untuk warga secara umum dan itu akan membahayakan, apabila kali Cigatet tingkat kedangkalnya tinggi tentunya volume air akan meluap apa bila di musim penghujan dan meluapnya dari aliran induknya akan menghawatirkan banjir.

“Untuk mengantisipasi terkait aliran sungai Cigatet kita akan tingkat koordinasi bersama pemdes yaitu Desa Barengkok Desa Leuwimekar Desa Leuwiliang serta Desa Cibeber I yang di lewati aliran sungai Cigatet”. Imbuhnya

“Dari hasil survai tadi tentunya kita akan mengusulkan program untuk aliran di Cigatet dalam musrebang kecamatan”. tutupnya. ( Sep hurung )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!