Padahal Pegunungan, Tiga RW Desa Pabangbon Kabupaten Bogor Alami Krisis Air

0

BOGOR – Para Pengurus RW 11,  RW 13,  dan RW 06 Desa Pabangbon Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Mendatangi  kantor Desa Pabangbon untuk menyampaikan keluhan warganya terkait Krisis Air bersih di wilayahnya.

Diketahui Desa Pabangbon merupakan wilayah pegunungan yang tidak mungkin kekurangan air.

Kampung yang mengalami kekringan yaitu, kampung Nangela RW 11 , kampung Sinar karya baru RW 13,  dan Kampung Tipar  RW  06 Desa Pabangbon.

Haer mengatakan, saat ini warganya harus membuat sumur dengan kedalam 200 meter sampai 250 meter itupun belum tentu ada Airnya.

Baca Juga :  Krisis Air , Ekbang dan Pemdes Pabangbon Rencana Usulkan Program PAM Desa

“Dan terkait Kresis air sudah sering di usulkan terkait sarana air bersih  dalam Musdes tingkat Desa atau di musrembang kecamatan”.  Ujar Haer salah satu ketua ke Kilasberita.id Pada Jum’at, (28/08/21)

Haer menjelaskan Desa Pabangbon dahulu tidak pernah mengalami kekeringan, Menurutnya Desa Pabangbon masih asri dan ada sumber mata air yang menghidupi desa tersebut.

“Dulu ada mata sumber air dari gunung, saat ini debet airny sudah kecil sekali dan warga kadang kadang banyak suka perselisih air (red) merebutkan air bersih”. Jelasnya

Baca Juga :  Refleksi Harlah Pancasila : IMM Serukan Aksi Perdamaian dan Keadilan

Haer berharap kepada Pemerintahan untuk segara bertindak dalam menangani krisis air bersih di tiga RW tersebut.

Sekdes Pabangbon Novi waktu di mintai keterangan membenarkan di tiga RW kampung Nangela RW 11, kampung Sinar karya baru RW 13, dan kampung tipar sedang mengalami krisis air bersih.

“sebetulnya dari pemdes sudah di susulkan setip tahun dalam musrembang tingkat kecamatan, tetapi belum terealisasi”. Tungkasnya ( sep hurung )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!