Krisis Air Bersih Desa Pabangbon, Warga  Harapkan Pemerintah Turun Tangan Hingga Singgung PT Atam TBK

0

BOGOR- Tiga RW di Desa Pabangbon Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor  dilanda krisis air bersih. Krisis tersebut sudah dialami warga hingga tahunan.

Diketahui Desa Pabangbon berdekatan dengan Perusahaan tambang milik PT Atam TBK yang berada diwilayah Kecamatan Nanggung.

Siti Nurhaeni Salah satu Warga yang mewakil Warga kampung Tipar di RW 06, Desa Pabangbon kecamatan Leuwiliang kabupaten Bogor. Mengharapkan kepada  pemerintah kabupaten Bogor agar bisa bertindak dalam menangani krisis air bersih di kampungnya.

Menurutnya warga Kampung Tipar saat ini memanfaatkan air hujan dan air sungai Cilame untuk memenuhi kebutuhan warga, karena sumber air bersih diwilayah tersebut dilanda kekeringan.

Baca Juga :  Padahal Pegunungan, Tiga RW Desa Pabangbon Kabupaten Bogor Alami Krisis Air

” selama ini warga mengandalkan air tadah hujan dan Air dari kali Cilame, Kami kesusahan air bersih, untuk menuju MCK juga harus  berjalan jauh”. Ujar Siti Ke Media pada Selasa, (31/08/21)

Omang anggota BPD Desa Pabangbon membenarkan kondisi sarana air bersih diwilayah tersebut dilanda kekeringan di RW 11, RW 13, dan RW 06.

“Sebetulnya ada mata sumber Air Cikutu sekitar 10 km dari Pemukiman, mata Air Cikutu itu juga di gunakan oleh kampung sebelah yaitu kampung Pabangbon desa pangkal jaya kecamatan nanggung” katanya

Baca Juga :  Polsek Pardasuka Bersama Pemkab Pringsewu Kembali Gelar Aksi Kemanusiaan di Lokasi Banjir Pardasuka

Omang menambahkan saat ini pihaknya sedang membahas bersama Pemdes serta RT dan RW terkait Krisis air diwilayah tersebut.

Diketahui Kampung tersebut berdekatan dengan perusahan PT Antam Tbk, dengan demikian Omang berharap PT Atam bisa memberikan kontribusi kepada kampung tersebut.

” Antam juga harus memikirkan keadaan kresisi air di desa Pabangbon kecamatan leuwiliang”. Pintanya

Yoga kasi Ekbang kecamatan Leuwiliang memberikan tanggapan tentang keluhan warga desa Pabangbon yang saat ini kesusahan air bersih. Pihaknya akan melakukan peninjauan.

” kita akan kroscek kelapangan, berapa kampung yang terdampak krisis air berih”. Tungkasnya.  ( sep hurung )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!