Diduga Ada Pelanggaran Dalam Proses Pemilihan Kepala Desa Rana Gapang

0

Borong || Kericuhan terjadi di Dusun Ledu Desa Rana Gapang Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur pada tanggal (26/08/2021) pasca perhitungan suara pemilihan Kepala Desa.


Melalui sambungan telepon salah satu tokoh masyarakat Desa Rana Gapang, yang tidak mau di sebutkan namanya selasa (7/09/2021) mengatakan bahwa terjadi kerusuhan dan pelemparan rumah di Dusun Ledu Desa Rana Gapang pasca perhitungan suara pada tanggal (26/08/2021) yang mengakibatkan beberapa rumah warga rusak dan bahkan ada beberapa rumah yang di segel.


Konflik ini terjadi antara masyarakat di Dusun Ledu Desa Rana Gapang. Tindaklanjut dari peristiwa tersebut Camat Elar Romanus Rasi, S. AP mengundang pihak korban dan pihak pelaku pada tanggal (30/08/2021) dengan nomor surat Pem.181/232/VIII/2021 dengan perihal undangan untuk berdiskusi bersama terkait situasi dan kondisi pasca pemilihan Kepala Desa Rana Gapang periode 2021-2027 yang tidak kondusif yang sangat mengganggu Kamtibmas di wilayah Dusun Ledu Desa Rana Gapang Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga :  Kominfo Aceh Timur Sambut Baik Langkah RAPI

“Dari surat undangan camat Elar tersebut sudah membenarkan bahwa ada dugaan pelanggaran yang terjadi pada proses pemilihan Kepala Desa Rana Gapang. Hasil diskusi di kantor Camat Elar tidak ada pembahasan mengenai pelanggaran yang terjadi pada proses pemilihan Kepala Desa Rana Gapang justru yang di bahas bagaimana solusi terkait penyegelan rumah di dusun ledu.


Kami juga meminta klarifikasi dari pihak Camat Elar mengenai persuratan yang di keluarakan di mana tanggal kegiatan lebih awal yakni kamis 2 Agustus 2021 sedangkan tanggal pembuatan surat 30 Agustus 2021, ini suda cacat administrasi” kata dia.

Lanjutnya, kepada panitia pelaksana pemilihan Kepala Desa Rana Gapang untuk bisa mempertimbangkan kembali hasil pemilihan kepala desa Rana Gapang yang telah melakukan pelanggaran hasil deklarasi Pilkades damai dan aman Covid-19″ ujarnya

Pihaknya juga mempertanyakan sejauh mana hasil deklarasi Pilkades damai dan aman Covid-19 ini.

“Sementara dalam penjelasan Camat Elar tanggal 24 Agustus 2021 bahwa sehubungan dengan instruksi Presiden, Bupati Manggarai Timur telah memberikan pernyataan bahwa pelaksanaan Pilkades Manggarai Timur harus berjalan dengan aman dan tertib. itu merupakan pernyataan beliau hasil kordinasi dengan Kapolres Manggarai Timur maka lahirlah deklarasi Pilkades damai dan aman Covid-19 yang di tandatangani dalam pakta integritas oleh para calon” ungkapnya.

Baca Juga :  Bukan Melihat Dia Siapa Dan Darimana Asalnya Tiga Sianak Singkong Siap Berbuat Untuk Masyarakat Luas

Terkait dengan suasana Masyarakat di dusun ledu desa Rana Gapang kecamatan Elar yang telah melakukan tindakan kriminal,suasana tidak kondusif kami meminta pihak Kapolres Manggarai Timur untuk bertindak tegas,tidak bisa mereka menunggu siapa lagi yang melapor artinya mereka yang melahirkan produk hukum mereka juga yang bertindaktegas dalam merealisasikan produk hukum itu sendiri, pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan kami belum menghubungi pihak panitia pelaksana pemilihan kepala desa dan pihak Camat Elar untuk dimintai keteranganya terkait pelanggaran dalam proses pemilihan kepala desa Rana Gapang. ( Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!