Waroeng Pro Rakyat (WPR) Pisang Canvendish Masuk Bursa Lelang Disperindag Provinsi Lampung

0

LAMPUNG- Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrain dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Pasar Lelang Komoditas sebagai langkah untuk mempermudah petani dalam mengakses pasar produk pertanian.

Pasar Lelang yang digelar saat ini menghasilkan transaksi sebesar Rp.226.780.000, termasuk transaksi spot (langsung) maupun forward ( jangka waktu ) menunggu panen.

Dalam pasar Lelang tersebut Waroeng Pro Rakyat Pisang Canvendish mendapatkan kesempatan untuk bisa mendistribusikan Pisang Canvendish Sekala lokal dan Nasional.

Hal tersebut lantaran Riswan mura bersama Jajaran melalui Wadah Waroeng Pro Rakyat sukses dalam membangun kemitraan Pisang Canvendish bersama para petani dari mulai pembibitan hingga panen raya sampai masuk dalam Pasar Lelang Disperindag Provinsi Lampung.

Dari usaha tersebut Riswan dan Jajarannya bisa merebut hati pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya mensejahterakan para petani.

” Saat ini kita sudah bisa melihat dengan fakta bahwa pisang cavendish ini bisa menjadi salah satu solusi ekonomi kerakyatan yang bisa merubah nasib petani”. Ujar Riswan ke Media pada Sabtu, ( 11/09/21)

Saat ini CV. TBB bisa bekerjasama dengan program Gubernur Lampung Ir.Hi.Arinal Junaidi melalui program KPB ( Kartu Tani Berjaya ) yang dilaksanakan Disperindag.

Menurut Riswan melaui program KPB pemerintah provinsi Lampung sungguh sungguh dalam memajukan perekonomian rakyat di Provinsi Lampung, hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah provinsi Lampung dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap rakyat.

Baca Juga :  Menjaga Imun Tubuh Jahe Merah Serbuk Murni LAM 88 Tanpa Gula dan Tanpa Terasa Ampas Solusinya

” Dalam hal tersebut Bpk gubernur Lampung Ir.Hi.Arinal Junaidi sangat merespon kegiatan yang sedang di laksanakan oleh CV Tulang Bawang Bangkit Waroeng pro rakyat mitra petani cavendies”. Ungkapnya

Dukungan tersebut di sampaikan oleh Ibu Elvira Umihani dan bapak Kabid M.Zimmi Dinas Perinduatrian dan Perdagangan Provinsi Lampung  dalam setiap acara pasar pelelangan komoditi yang diselenggarakan.

” sampaikan kepada masyarakat petani pisang cavendish agar semangat terus dan bangkit selalu dari rasa pesimis serta menuju kejayaan rakyat yang sebenar benarnya. Terkhusus para petani pisang cavendish yang menjadi mitra waroeng pro rakyat di bawah naungan CV Tulang Bawang Bangkit”. Imbuhnya

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Lampung M Zimmi Skil menambahkan bahwa Provinsi Lampung telah dikenal sebagai produsen beberapa komoditi pertanian unggulan.

“Hasil panen produk pertanian Lampung selain untuk memenuhi kebutuhan lokal Daerah juga untuk memenuhi kebutuhan DKI Jakarta dan ekspor terutama untuk komoditi perkebunan,” ungkap Zimmi.

Permintaan akan produk-produk pertanian juga selalu mengalami peningkatan. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Baca Juga :  50% Bibit, Pupuk Dihutangkan, Hasil Panen Dibeli Kembali, Keuntungan 202 Juta Per Tahun

“Maka saluran pemasaran produk-produk pertanian juga harus diciptakan untuk lebih efisien dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pangan dari produk pertanian,” Jelasnya

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Elvira Umihani yang di dampingi Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri M Zimmi Skil, usai membuka kegiatan.

Menurutnya, hal ini tentu sejalan dengan program dari Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

“Jadi pasar lelang ini bertujuan untuk mengefisienkan rantai pemasaran, memperkuat posisi produsen,” kata Kadis Perindag Provinsi Lampung Elvira Umihanni.

Selain itu, para petani atau pabrik dapat memperoleh harga yang layak dan transparan dalam proses pembentukan harga komoditas.

“Pasar Lelang Komoditas ini dilaksanakan juga untuk mendukung Program Unggulan Pemprov Lampung yaitu Program Kartu Petani Berjaya (KPB),” ujar Kadis Perindag Provinsi Lampung Elvira Umihanni Jumat, (11/9/2021).

Program KPB bertujuan memberikan kemudahan kepada petani dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi, budidaya, pemasaran hasil, dan akses permodalan. Sehingga secara bertahap dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani tersebut.

Program KPB diimplementasikan untuk mewujudkan salah satu misi Provinsi Lampung, yaitu “Membangun Kekuatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian dan Wilayah Pedesaan,” Tutup  Elvira ( FERI )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!