Perlu Kajian dan Musyawarah, PUPR Bangun Sumur Bor di Zona Ekonomi PDAM Tirta Kahuripan

0

BOGOR- Dinas PUPR Kabupaten Bogor Bidang Unit Kesehatan Lingkungan membangun sarana sumur bor untuk menunjang kebutuhan air warga Perumahan Kavling Amanah Asri RW 13, Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang.

Namum pembangunan sarana air bor tersebut sangat disayangkan oleh warga sekitar, pasalnya Desa Leuwiliang masuk zona perkotaan yang menjadi pusat pelayanan dari PDAM Tirta kahuripan.

Disamping itu di wilayah Kabupaten bagian barat masih terdapat desa yang masih kesulitan air bersih salah satunya Desa Pabangbon yang sudah lama mengalami Krisis air.

Disamping itu dengan dibangunnya sumur bor akan mengancam kerugian PDAM Tirta Kahuripan Cabang Leuwiliang. Menurut informasi yang dihimpun di wilayah  Perumahan Amanah Asri sudah terpasang pipa induk dan sebagaian warga yang akan menerima manfaat dari Program Dinas PUPR sudah menjadi pelanga PDAM.

Baca Juga :  Sungai Cigatet Dinormalisasi, Kades : Ini Program Edukasi Masyarakat

Salah satu warga RW 13 Desa Leuwiliang  Surya mengatakan kegiatan pembuatan Sumur bor diperumahan Amanah Asri dari Dinas PUPR untuk kebutuhan warga di tiga RT.

” Per RT-nya mendapatkan jatahnya 50 KK/ per rumah jadi jumlah yang akan pendapatkan manfaat sumur bor itu sebanyak  150 KK  infonya”. Ungkap Surya ke media ( 23/09/21)

Saat dikonfimasi Kepala Cab PDAM Leuwiliang Dany mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya pembangunan sumur bor yang bersumber dari Program PUPR Kabupaten Bogor diwilayah tersebut.

” Saya baru tahu ada Program Pembuatan  sumur bor dijalur intalisi wilayah PDAM di Perumahan Amanah Asri Desa Leuwiliang”. Ujarnya

Dany menjelaskan berdasarkan Permen PUPR nomor 27 tahun 2016 penyelengara sistem penyediaan Air minum dapat di jadikan Rujukan. Berdasarkan hal tersebut, menurutnya patut dipertanyakan mengenai kajian keputusan program sumur bor di Perum Amanah Asri. Jika hal demikian tidak melalui kajian dan musyawarah PDAM akan mengalami kerugian dan membawa dampak pengurangan pendapatan Pemda Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Diduga Aliran Air Gak Ngalir, Petani Mengeluh Bertahun - tahun Sawah di Kampung Sentral Terendam Bajir

”  Wilayah Amanah Asri adalah pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menjadi rancu apabila ada 2 sistem pelayanan air bersih”. Imbuhnya

Sementara itu Ekbang Kecamatan leuwiliang Yoga membenarkan Desa Leuwiliang dan Desa Barengkok  mendapatkan program dari PUPR Kabupten Bogor unit bidang kesehatan lingkungan sarana air bersih.

” Bentul ada beberpaa Desa yang mendapatkan Program dari Dinas PUPR, minggu kemarin dari intasi PUPR kabupaten sudah survai ke desa Barengkok mengecek mata sumber air  jelasnya. (sep Hurung ).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!