Peringatan QS Ar-rum Ayat 40, Ustad Syamsul Maarif : Jaga Alam

0

BOGOR- Segala puji hanya milik Allah SWT yang telah menyiapkan segala fasilitas  untuk manusia sebelum Nabi Adam diciptakan. Sholawat dan keselamatan semoga tercurah kepada NAbi penyelamat manusia dan alam, kepada keluarga dan sahabat hingga umatnya.

Islam adalah agam yang mengajarkan manusia untuk menjaga alam melestarikan dan jangan merusaknya.

Setiap perintah dan larangan-nya pasti mengandung unsur manfaat dan madharatnya. Perintah menjaga alam Karena manusia butuh alam dan segala  fasilitas alam bermanfaat besar untuk kehidupan.

Jika kita melanggarnya akan membawa akibat besar bagi manusia. Seperti halnya  krisis air, banjir bandang, longsor dan masih banyak lagi bencana bencana akibat ulah dari tangan kita sendiri.

Semua pasti sadar dalam hal ini, tetapi susah untuk menyadarkan orang yang selalu dikejar oleh kepentingan pribadi maupun kelompok dalam merauk keuntungan.

Baca Juga :  Atasi Kesulitan Rakyat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Pengecatan Rumah Warga Di Perbatasan

Udara alam yang natural sulit didapatkan bilamana alam sudah dihancurkan Energi ketenangan sulit kita rasakan.

Untuk itu kita harus belajar dari orang tua kita dahulu yang mempunyai pengalaman dalam memanfaatkan dan memelihara alam dan hidup dari alam, menyerap energi alam yang penuh ketenangan  hidup sederhana. Tapi damai umur panjang kesehatan terjamin karna energi alam yang menenangkan.

Seperti yang dituliskan dalam Al
Quran Surat Ar-rum ayat 40-41 yang berbunyi.
.
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Baca Juga :  Memperingati HUT TNI ke - 76 kodim 0612 Tasikmalaya Salurkan 260 Paket Sembako ke 3 Yayasan

Allah SWT sudah mengingatkan Kerusakan dji daratan dan dilautan dikarenakan karna tangan- tangan keserakahan manusia.

Seperti contoh Kambing masuk ke kebun singkong yang habis hanya daunnya saja.

Tetapi manusia ( yang tidak beriman ) masuk ke kebun singkong habis semuanya, daunnya buat lalaban,  tangkainya buat bibit ke depan dan batinya untuk di jual. Semua iu Karena manusia ada sifat keserakahan.

Mari  kita jaga alam bila kita ingin hidup tenang dan tentram. Menjaga alam menjaga kehidupan, menjaga kehidupan  diperintahkan untuk tidak merusak alam.

Penulis : Ustad Asep Syamsudin ( Amil blaeeem di frekwensi RAFI Konsen ZJ10fASD dan sebagai Pimpinan Majlis Ta’lim Aimaarif – Cipayung/Cibogo – Puncak Bogor )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!