Ditengah Pandemi Covid 19 : BEM ITB Ahmad Dahlan Gelar Masa Ta’aruf Mahasiswa (Mastama) secara Hybrid Learning

0

JAKARTA | KILASBERITA.ID – Jum’at 17 September sampai dengan hari Rabu 22 september 2021. Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, atau yang akrab disapa ITB AD, melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITB AD gelar Masa Ta’aruf. Mahasiswa Baru (Mastama) 2021 dengan tema “Sociotechnopreneurship : Jati Diri Kader Islam Berkemajuan.” Secara hybird. Dimana, pemateri dan sebagian panitia yang terlibat mengikuti acara Mastama secara ofline yang bertempat langsung di Aula kampus ITB AD. Sedangkan peserta Mastama dapat mengikuti kegiatan ini secara online dengan menggunakan platfrom yang ada seperti zoom meeting. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya kerumunan yang bisa memicu munculnya klaster penyebaran Covid-19.

kegiatan Mastama merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya, bertujuan untuk mengenalkan lingkungan Kampus, beserta organisasi mahasiswa yang ada di kampus ITB AD. Hal ini juga sempat disampaikan oleh Ketua Pelaksana Mastama yaitu Marlo Papilaya, dalam samputannya ia mengatakan bahwa “Acara Mastama adalah sebuah program yang wajib dilaksanakan setiap tahun nya karena di sini adalah tahap perkenalan kampus, mulai dari sistem perkuliah merdeka belajar, sistem kebijakan akademik, sistem pembayaran, sarana prasarana dan perkenalan seluruh organisasi yang ada dikampus kita.” Tuturnya.


Pada kesempatan kali ini, Kegiatan Mastama 2021 dibuka langsung oleh Imal Istimal selaku Wakil Rektor lll Bidang Kemahasiswaan. Dalam sela-sela sambutanya Imal memberikan ucapan selama datang kepada seluruh Mahasiswa/I di kampus ITB AD kampus sang pencerah.

Baca Juga :  FKIP UNPAK Laksanakan Seleksi PILMAPRES Tahun 2021

Imal berharap peserta Mastama 2021 dapat menjadi mahasiswa yang aktif dalam menggapai ilmu sebanyak-banyakanya dikampus ITB AD. Ia juga berpesan terhadap mahasiswa baru agar terus semangat dalam mengikuti kegiatan Mastama.

” Tetap semangat, serap ilmu yang banyak dalam kegiatan ini semoga kalian dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi.” Pungkasnya.


Tidak hanya Wakil Rektor lll yang memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta Mastama. Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Faisal Abdurachman juga memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di kampus ITB AD, tidak hanya itu, mahasiwa yang akrab disapa Faisal, juga memberikan motivasi kepada peserta Mastama 2021 untuk terus bergerak aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan di kampus ITB AD.

“Saya mengucapkan selamat menjadi bagian dari Persyerikatan Muhammadiyah, ketika gelar mahasiswa sudah disematkan pada diri teman-teman semua, di situlah peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan apa yang tertuang pada UUD 1945.” Pungkas Presma.

Selain itu, Faisal mengajak seluruh mahasiswa ITB AD agar memiliki intelektual dan cara berpikir yang kritis, hal ini untuk mendobrak peradaban yang mampu memberikan sumbangsih dalam menentukan arah bangsa kedepannya.

Baca Juga :  Lurah Nanggewer Mekar Tinjau SDN Nanggewer 02 Cibinong Yang Terdampak Banjir

Faisal juga berharap agar seluruh peserta Mastama 2021 dapat menciptakan karya-karya yang dapat membanggakan kampus ITB AD. Karena menurutnya, mahasiswa bukan sekedar manusia yang memiliki segumpal daging, tapi mahasiswa adalah manusia yang harus dapat memberikan perubahan terhadap bangsanya.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan Mahasiswa/I baru yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia, dan dari berbagai jurusan yang mereka pilih di kampus ITB AD. Meskipun masih dalam situasi pandemi covid 19, namun tidak memudarkan semangat serta antusias peserta untuk mengikuti kegiatan Mastama 2021.

Mereka sangat aktif dalam melewati segala rangkaian acara Mastama 2021. Mulai dari pembukaan, pemaparan materi, pengenalan organisasi kemahasiswaan, tour sekret, hingga penutupan.

Demikianlah rangkaian kegiatan Mastama 2021, dengan mengucap syukur acara Mastama 2021 dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Semoga dengan adanya kegiatan Mastama dapat memberikan pemahaman terkait sistem perkuliahan di kampus ITB AD, serta dapat menambah ilmu dan wawasan peserta Mastama agar menjadi mahasiswa aktif dan progresif, yang dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Semoga seluruh Mahasiswa/I ITB AD dapat terus menggali potensi diri dalam menggapai prestasi baik jalur akademik maupun non akademik. HIDUP MAHASISWA…! (Asep Surya)

Red. Fhari/Kilasberita.id/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!