Desa Paya Bujok Seulemak Langsa Gelar Sosialisasi Dan Edukasi Pencegahan Penanganan Covid-19

0

LANGSA ACEH | KILASBERITA.ID – Desa(Gampong) Paya Bujok.Seulemak Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa menggelar Sosialisasi Edukasi Pencegahan Penanganan Covid-19 di Cafe Dapu Kupi Paya Bujok Seulemak Langsa, Minggu(03/10/21)

Hadir Camat Langsa Baro, Rizaldi, SSTP, mewakili Dan Ramil 22/LGSB,Dan Pos Ramil 22/LGSB, Peltu Edi Sembiring, Mewakili Kapolsek Langsa Barat, Kanit Binmas Polsek Langsa Barat Aiptu Saiful Bahri, Kapus UPTD Langsa Baro, Safrita, SKM, Geuchik Paya Bujok Seulemak, Syafii dan perangkat gampong, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Para Kepala dusun, Ketua PKK, Ketua PAUD dan tokoh masyarakat.Paya Bujok Seulemak.

Geuchik Kepala Desa Gampong Paya Bujok Seulemak, Syafii dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi Edukasi dan Pencegahan Penanganan Covid 19 ini baru pertama kali kita adakan, maka demi memutuskan mata rantai Covid 19 kami berinisiatif mengadakan kegiatan sosialisasi ini, oleh karenanya saya menghimbau kepada kita semua untuk menjaga 3 M, yaitu Memakai masker. Cuci tangan, dan Menjaga Jarak.

Selanjutnya, Camat Langsa Baro, Rizaldi Syofian, STTP dalam arahannya menyampaikan, Virus corona 19 berasal dari Wuhan negara Cina pada tahun 2019 maka disebut Covid 19, dalam hal ini meski semua virus sangat berbahaya namun virus corona adalah virus yang penyebarannyasangat mudah, antaranya melalui melalui mulut, tangan dan bersentuhan (duduk berdekatan), oleh karenanya mari kita jaga 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).
Dan pada kesempatan tersebut ianya menghimbau untuk memvaksinkan diri.

Baca Juga :  Musi Banyuasin Turut Kembangkan TAKE

“Saya menghimbau agar kita memvaksinkandiri demi menjaga imun ditubuh kita”, ajak Rizaldi Syofian.

Kapolsek Langsa Baro melalui Kanit Binmas, Aiptu Saiful Bahri dalam amanatnya terlebih dahulu menyampaikansalam dan permohonan maaf Kapolsek, yang seyogia hadir namun karena beliau ada kegiatan gelar perkara di Polsek maka beliau tidak dapat berhadir bersama kita dalam acara sosialisasi ini.

Lanjut Aiptu Saiful Bahri, covid 19 lebih kurang 2 tahun telah melanda dinegara Republik.Indonesia, kami dari Kepolisian dan TNI sudah agak kewalahan dalam upaya menekan dan memperkecil penyebaran virus corona. Namun demikian, kami dari Kepolisian dan TNI terus berbuat semaksimal mungkin.

Sambung Saiful Bahri, kita mesti berikan contoh dan memulainya melalui 3 M adalah ithikad kita memperkecil kasus covid 19 khususnya di Gampong Paya Bujok Seulemak ini.

“Mari kita memulainya dengan 3 M seraya memvaksinkandiri sebagai contoh kepada masyarakat lain agar angka covid 19 di Paya Bujok.Seulemak khususnya semakin kecil”, pinta Kanit Binmas ini.

Ditambahkan.Saiful Bahri, jangan sudah tidak mau divaksin malah menakut-nakuti orang lain. Tolong sosialisasikan ke masyarakat agar mau melaksanakan vaksin, karena dengan bervaksin adalah ikhtiar, tutupnya.

Danramil 22/Langsa Barat yang diwakili Dan Pos Ramil 22/Lgsb, Peltu Edi Sembiring dalam petunjuknya juga menyampaian salam dan permintaan maaf dari Dan ramil 22/Langsa Barat yang sebenarnya ngin sekali bertemu dan bertatap muka pada acara ini, namun karena ada tugas lain tidak dapat berhadir disini.

Baca Juga :  Giat Kapolsek Kurun, Sosialisasi Cegah Peti ( Ilegal Mining )

Selanjutnya menjelaskan, suntik vaksin adalah untuk imun dalam ketahanan tubuh, dan bukan berarti setelah divaksin kita tidak kena covid, tapi yang namanya berusaha demi mencegah virus corona tidak ada salahnya. Masalah kematian adalah kuasa Allah dan Allah yang menentukan, tegas Peltu Edi Sembiring.

Kepala Puskesmas UPTD Langsa Baro, Safrita, SKM dalam pemaparannya menyampaikan,covid 19 tidak berkembang (melemah) dalam suhu dan suasana yang panas, penularannya bukan dari hewan ke manusia melainkan dari manusia ke manusia antaranya melalui batuk, bersin, air liur, ludah, dan apabila terkena akan menular/tertular. Maka hindari kontak dekat, menyentuh benda yang bervirus, serta rutin mencuci tangan.

Tanda-tanda atau gejala terinfeksi virus corona adalah, demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas, apabila sudah masuk katagori sesak napas agar harus segera dibawa ke Rumah sakit.

Selanjutnya, kondisi yang dapat memperberat adalah Manula atau lansia, berpenyakit bawaan atau punya riwayat penyakit asma, diabetes dan jantung.

“Kami sarankan untuk sering berjemur dan makan putih telur, 3 butir pagi, tiga butir siang dan 3 butir malam”, jelas Safrida

Terangnya, data terinfeksi covid 19 di Gampong Paya Bujok Seulemak per Januari 2021 sampai bulan kemarin adalah, 116 orang terinfeksi, 62 orang positif, 102 orang sembuh, dan yang meninggal 14 orang, tutupnya.
(junaidy Yn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!