Kabid SMK Diknas Provinsi Sumsel Bangga Siswa SMKN 1 Sekayu Berhasil Meraih Medali Emas pada KOSN 2021

0

PALEMBANG | KILASBERITA.ID – Siswa SMK Negeri 1 Sekayu berhasil mengharumkan nama Sumsel karena berhasil meraih juara pertama atau medali emas pada cabang olahraga Pencak Silat kategori Putra dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada September 2021.

Kabid SMK Disdik Sumsel Mondyaboni mengatakan, pihaknya bersyukur pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 ini Sumsel berhasil masuk dalam 6 besar tingkat nasional, terjadi peningkatan karena tahun lalu masuk dalam 13 besar nasional.

“Kita bangga tahun ini Sumsel berhasil masuk 6 besar dalam KOSN, karena kita berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga Pencak Silat putra. Prestasi ini berhasil diraih siswa SMK Negeri 1 Sekayu. Ini prestasi luar biasa karena ini perlombaan tingkat nasional yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut Mondyaboni menuturkan, untuk Lomba Kompetensi Siswa juga terjadi peningkatan yang juga luar biasa dari yang sebelumnya masuk 20 besar nasional, terakhir berhasil naik ke peringkat 8 besar nasional.

Baca Juga :  Proses Belajar Mengajar Universitas Bina Darma Tetap Berjalan Lancar

“Luar biasa peningkatan prestasi siswa SMK di KOSN dan LKS ditingkat nasional, ini berkat dukungan Bapak Gubernur Sumsel untuk peningkatan prestasi siswa. Karena siswa yang menjadi juara ditingkat provinsi,kita lakukan pembinaan agar bisa berprestasi ditingkat nasional. Selain itu, saat pelaksanaan perlombaan di tingkat Provinsi kita menghadirkan juri-juri yang bertaraf nasional. Sehingga siswa yang kita kirim ke tingkat nasional, kemampuannya memang tidak diragukan lagi,” bebernya.

Mondyaboni mengungkpkan, prestasi siswa SMK lainnya ditahun ini adalah berhasil meraih juara pertama dalam Perlombaan film pendek pramuka ditingkat nasional dengan judul Pioner. “Kami bangga dengan prestasi siswa SMK di Sumsel karena bisa meraih juara pertama ditingkat nasional. Terima kasih kepada Kepala sekolah, guru, pelatih, dan siswa yang sudah bekerja keras dan semangat mengharumkan nama Sumsel ditingkat nasional. Terima kasih juga kepada Bapak Gubernur Sumsel yang telah memberikan motivasi kepada seluruh siswa SMK di Sumsel agar semangat bersaing ditingkat nasional,” ucapnya.

“Harapan kami kedepan SMK di Sumsel bisa mempertahankan prestasi siswanya ditingkat nasional, kita berharap Sumsel bisa terus masuk dalam 10 besar setiap perlombaan tingkat nasional bahkan kalau bisa masuk 5 besar nasional. Sehingga pembinaan harus terus dilakukan disekolah agar muncul bibit bibit siswa berprestasi lainnya. Kita berharap kedepan untuk perlombaan KOSN dan LKS serta perlombaan lainnya, Sumsel bisa meraih juara. Tahun ini juga siswa SMKN 1 Suak Tapeh Banyuasin berhasil meraih juara pertama karya tulis ilmiah tingkat nasional,” tuturnya.

Baca Juga :  Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Ajaran Baru Dilakukan Secara Daring dan Tatap Muka

Lebih lanjut, dengan banyaknya prestasi siswa SMK ditingkat nasional. Kita berharap SMK bisa menjadi pilihan bagi anak-anak untuk sekolah di SMK. Karena terbukti anak-anak di SMK bisa bersaing dan menjadi juara ditingkat nasional.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Sekayu Zaidan Jauhari menambahkan,pihaknya bangga dengan prestasi siswanya yang berhasil meraih prestasi ditingkat nasional pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

“Kita sudah menyiapkan gedung untuk menjadi pusat belajar bersama untuk pelatihan siswa dibidang olahraga seperti pencak silat, karate, basket dan lainnya. Kita ingin siswa bisa berprestasi ditingkat nasional, agar anak-anak SMP termotivasi untuk masuk SMK,” tandasnya. (Ocha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!