Brigjen TNI Achmad Fauzi, TMMD Wujud Sinergitas Semua Elemen Untuk Membangun NKRI

0

BOGOR | JABARONLINE.COM – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyato, S.E., M.Si., dengan diwakili oleh Kapoksahli Kodam lll/Slw Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno S Sos. menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Tahun 2021 di Wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor, bertempat di Auditorium Pemkab Bogor, Kamis (14/10/2021).

Dengan didampingi oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M Kapoksahli menyampaikan amanat
Pangdam III/Siliwangi, dalam amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa Kegiatan TMMD di wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor yang dilaksanakan sejak tanggal 15 September 2021, telah berhasil menyelesaikan berbagai sasaran, baik fisik maupun non fisik. Penentuan sasaran fisik dan non fisik TMMD ini, dilaksanakan berdasarkan usulan dari bawah (Bottom Up), dan dimusyawarahkan dengan berbagai pihak terkait, melalui Rapat Koordinasi.

Kemudian Pangdam juga mengatakan bahwa dimana TNI itu adalah dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat sampai saat ini masih terbina dengan baik. Tema TMMD ke-112 Tahun 2021: “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, maka, kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini.

“Keterlibatan semua pihak terkait, serta dukungan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD ini merupakan salah satu kunci yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan,” papar Pangdam.

Pada akhir sambutannya, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati beserta Unsur Forkopimda Kabupaten Bogor, serta semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, sehingga kegiatan TMMD ke- 112 dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila selama kegiatan TMMD ini berlangsung, terdapat perilaku atau tutur kata prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat,” pungkasnya.
Usai menyampaikan sambutan dari Pangdam Kapoksahli kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil program tmmd ke-112 2021 kodim 0621/Kabupaten Bogor yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Kapok sahli lll/slw.

Dan usai pelaksanaan upacara penutupan kegiatan TMMD 112, kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi kegiatan TMMD yang sudah dilaksanakan selama 1 bulan. Di tempat lokasi kapoksahli Kodam lll/Siliwangi bersama rombongan meninjau beberapa lokasi yang berhasil dikerjakan oleh satgas TMMD yaitu mushola kemudian jalan desa serta rutilahu. Dan selain itu juga dilaksanakan pemberian bantuan sembako untuk warga masyarakat setempat yang kurang mampu.

Baca Juga :  Tingkatan Ukhuwah Islamiyah Kapolsek Kembangan silaturahmi Kepondok Pesantren Al Wasilah

Pada kesempatan tersebut, Danrem 061 suryakancana ketika diminta tanggapannya terkait hasil kerja program TMMD menjelaskan bahwa hari ini kegiatan TMMD ke 112 Kodim 0621/Kab Bogor TA.2021 telah ditutup. yang mana salah satu hasil dari program tmmd adalah pengerasan jalan yang berlokasi di kecamatan Klapanunggal, jalan yang menghubungkan antara desa Bojong dan desa cikahuripan.

” Pembangunan ini adalah bentuk sinergitas yang luar biasa antara TNI dengan Pemda, yang jelas kita kerjakan bersama-sama, dimana ini adalah hasil bersama-sama antara TNI ini baik dari Kodam, Korem, Kodim kemudian yonif 310, Yon Arhanud 3 termasuk Lanud Atang Sanjaya, Polres termasuk juga melibatkan seluruh masyarakat perdesaan, karang taruna mahasiswa serta organisasi kemasyarakatan.” Ujar Danrem.

” Ini adalah luar biasa, dimana melalui program TMMD ke 112 ini telah berhasil membangun jalan yang menghubungkan antara jalan kampung Bojong dan kampung cikahuripan, yang selama ini ada berapa jalan memang tidak bisa dilewati oleh roda empat namun dengan penambahan yang awalnya 2 sampai 3 m menjadi 7 sampai dengan 12 meter sepanjang 2450 meter ini akan mengubah sesuatu yang luar biasa, yang jelas dapat mengangkat perekonomian yang lebih baik, kemudian sarana prasarana transportasi lebih mudah, lalu mungkin juga peredaran hasil-hasil pertanian dan pangan dan lainnya akan lebih baik, termasuk mengubah geostrategis dari 2 desa. Dan yang jelas harga tanah disini tentunya menjadi mahal. Lalu ekonomi, sosial dan budaya juga akan berpengaruh, yang jelas akan membawa kemajuan yang sangat positif bagi daerah ini.” Tambahnya.

Baca Juga :  Transisi Jasa Kontruksi Belum Berjalan, FLAJK Sampaikan Aspirasi Kepada Presiden Para Menko dan KPK

Danrem juga menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati, bahwa kedepannya ada rencana akan menjadikan jalan tersebut menjadi jalan nasional untuk Kabupaten, artinya akan membuka lebih luas lagi perkembangan dan kemajuan di wilayah tersebut, jadi semoga apa yang dilakukan lewat TNI manunggal membangun desa menjadi wujud sinergitas dalam rangka membangun NKRI dan negeri, kemudian Danrem juga berpesan agar supaya apa yang telah dilakukan bersama-sama bisa dirawat kemudian dipertahankan, dan dijaga. yang jelas ini sudah termasuk over prestasi dimana ada penambahan setengah meter gorong-gorong yang harusnya setengah meter ditambah menjadi 1 m sepanjang 2450 m, kemudian ada renovasi mushola, itu di luar program ketentuan TMMD. Sedangkan hasil program TMMD ada pembangunan 2 rutilahu, dimana salah satunya adalah milik nenek Saati beliau berumur 89 tahun, dulu rumah nenek Saati hanya terbuat dari bambu dan saat ini alhamdulilah menjadi bangunan permanen. Semoga apa yang kita kerjakan bersama dapat berguna buat masyarakat.

Selain meninjau lokasi program TMMD dan Satgas TMMD bersama rombongan menyerahkan bantuan sembako kepada warga masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar wilayah TMMD, yang mana bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya. Selain itu juga diserahkan bantuan berupa karpet untuk mushola serta mesin air untuk mushola.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Kapaldam Kolonel CPL Togi Pandapotan Manihuruk SE., Kabekang Dam III/Slw, Kolonel Cba Suliadi SE.MM., LO AU Kolonel Lek Dodi Hamzah, Danlanud Ats di wakili oleh Letkol POM Dadan Triana, Dandim 0621/ Kab.Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto, Bupati Bogor
Hj. Ade Yasin. SH. MH, Wakil Bupati Bogor , H. Iwan Setiawan, SE., Ketua DPRD Kab. Bogor, Sdr. Rudi Susmanto, S.Si., Sekretaris Daerah Kab. Bogor, Drs. Burhanudin, Msi., Kadis DPMD Kab.Bogor, Renaldi Yushaf Fiansa S.Sos. serta Kadis PUPR Kab. Bogor, Bpk Bibin Soebiantoro. (Jo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!