Lestarikan Adat Budaya Nugal Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

0

SUNGAI ENTELI | KILASBERITA.ID – Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY lestarikan budaya adat Nugal Padi dusun Sungai Enteli desa Neraci Jaya Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau.sabtu (16/10/2021).

Sampai saat ini kebiasaan adat budaya Dayak Nugal Padi masih turun menurun dari kebiasaan nenek moyang mereka, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Kami Pos Enteli Ssk IV membantu warga dalam pelaksanaan Nugal Padi.

Baca Juga :  Diduga Terjadi Politik Uang Secara Masif ? Pilkada Kabupaten Samosir Terancam Diulang Atau Diskualifikasi Kandidat

Kegiatan ini menanamkan kebersamaan dan semangat bergotong royong dalam suatu kegiatan, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan masyarakat merupakan kegiatan pembinaan teritorial yang ada di perbatasan”, Ucapan nya.

Dikatakannya selaku pemilik ladang Pak Tinus(45), Terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah hadir dan membantu Nugal Padi di ladang kami,kami juga bersemangat dalam mengerjakannya,ini sudah memasuki musim hujan jadi kami, segera Nugal padi di darat ini untuk mendapatkan hasil guna memenuhi kebutuhan pokok bagi keluarga kami”, Pungkasnya.

Baca Juga :  19.080 Vaksin Rencana Akan Di Distribusikan Pada 14 Januari

Letda inf Didik Suprayogi bersama empat rekannya,bahu membahu bantu warga dalam Nugal Padi, berladang merupakan cara masyarakat Dayak untuk mendapatkan hasil kebutuhan pokok diantaranya dengan Nugal Padi ini, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan warga dan terbentuknya kemanunggalan TNI dengan rakyat yang ada di perbatasan.

Nugal Padi merupakan warisan budaya orang Dayak yang harus dilestarikan meskipun di zaman modern sekarang ini, kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan.(Jo).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!