Mahasiswa PATWABUMI Siap Laksanakan Pengkaderan dan Open Rekruitmen Anggota Baru

0

SUKABUMI | KILASBERITA.ID – Paguyuban Tali Wargi Asal Sukabumi (PATWABUMI) merupakan organisasi mahasiswa daerah asal Sukabumi yang ada di kampus-kampus wilayah Bandung. Beranggotakan mahasiswa asal Sukabumi baik dari daerah Kabupaten dan Kota.

Sebagai organisasi kedaerahan dan kemahasiswaan PATWABUMI memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan daerah untuk mencapai cita-cita pembangunan sesuai dengan rencana pembangunan pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Mengingat hal itu, Patwabumi selaku organisasi kemahasiswaan adalah wadah untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), untuk mengawal proses pembangunan daerah. Hal tersebut dijelaskan oleh wargi mira selaku ketua umum patwabumi yang menyebutkan bahwa: patwabumi adalah sebuah wadah bagi kader-kader intektual putra daerah asal Sukabumi, yang kelak akan menjadi pemimpin dan pengganti kaum tua di daerah, Sukabumi 11 Oktober 2021.

Patwabumi tidak hanya sekedar perkumpulan mahasasiswa saja tetapi memiliki gagasan dan tujuan yang tertuang dalam AD-ART bab 4 pasal 4 yaitu terbentuknya insan akademis yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, beretos kerja, memiliki idealisme kesetiakawanan yang tinggi serta menjadi pelopor pemuda pembangun masa depan bangsa dan memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Sesuai dengan tujuan tersebut Patwabumi bercita-cita untuk mengawal pembangunan daerah di berbagai bidang keilmuan seperti Pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan bidang lainnya sesuai dengan pembangunan dan potensi daerah.

Baca Juga :  Komisariat STIT Al Hikmah Pisang Baru Adakan Mapaba PMII

Demi mewujudkan tujuan tersebut perlu adanya keselarasan yang jelas antara patwabumi dan juga pemerintah. Kerjasama yang telah terlaksana yaitu dalam bidang Pendidikan yang bekerja sama dengan dinas Pendidikan kota dan kabupaten sukabumi yaitu dalam proses sosialisasi pentingnya Pendidikan.

Pendidikan merupakan aspek penting yang perlu untuk selalu di dakwahkan kepada masyarakat luas, sebab Pendidikan merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk menciptakan generasi penerus yang ungggul. Namun mengingat hal tersebut masih banyak diantara masyarakat Sukabumi yang masih tertinggal atau tidak melanjutkan Pendidikan dikarenakan fasilitas tempat pembelajaran yang jauh dan masalah finansial. Maka Patwabumi sebagai wadah mahasiswa daerah hadir untuk merespon hal itu, sebagai penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat.

Selain isu Pendidikan, Patwabumi juga sedang menyoroti isu terkait pertanian, pariwisata lingkungan dan sosial, sebagai sumber potensi yang dimiliki sukabumi. Seperti Sebagian besar wilayah Sukabumi masyarakatnya berprofesi sebagai petani, tetapi masyarakatnya masih mengkonsumsi beras import. Dengan demikian perlunya kesadaran dari kaum muda terkhusus mahasiswa dalam menyikapi hal tersebut.

Baca Juga :  HUT Pemuda Panca Marga Provinsi Sumsel : Siap Jaga Keutuhan NKRI

Selain itu sektor parawisata yang sudah berstandar internasional pun perlu untuk dikembangkan dan terus untuk disosialisasikan kepada masyarakat daerah agar dapat saling menjaga dan merasakan manfaatnya. Selain itu lingkungan dan sosial yang disebabkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pemeliharaan lingkungan seperti adanya bajir bandang berkurangnya air bersih dan pencemaran lingkungan lainnya.

Dengan adanya berbagai permasalahan diatas perlu adanya kesadaran secara meluas dan kuat agar terciptanya suatu perubahan. Hal tersebut dilakukan sedini mungkin oleh Patwabumi melalui proses rekrutmen yang disebut dengan “Matakami” (Masa Ta’aruf Mahasiswa Asal Sukabumi) yang dilaukan setiap satu tahun sekali sebagai gerbang awal bagi mahasiswa asal sukabumi untuk begabung ke Patwabumi dan salah satu tanggung jawab mahasiswa berupa pengabdian kepada masyarakat.
Link pendaftaran: https://forms.gle/gJ6qnZCL2kHo2UQC7

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!