Enam Perusahaan Indonesia Terima Penghargaan Prinsip Pemberdayaan Perempuan (Women’s Empowerment Principles/WEPs)

0

JAKARTA | KILASBERITA.ID – Enam perusahaan Indonesia menerima penghargaan Prinsip Pemberdayaan Perempuan (Women’s Empowerment Principles/WEPs) atas kontribusinya dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Pemenang WEPs Awards Indonesia 2021 diumumkan oleh UN Women pada hari Jumat. Acara penghargaan diselenggarakan oleh Program WeEmpowerAsia dari UN Women dengan dukungan dari Uni Eropa.

WEPs Awards tahun ini menerima 228 aplikasi dari 138 perusahaan di seluruh Indonesia, hampir empat kali lipat dari jumlah tahun lalu. Berbagai perusahaan mengirimkan aplikasi, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai sektor.

Sejalan dengan prinsip WEPs, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menyampaikan dukungannya terhadap pemberdayaan perempuan dalam pidato penutupnya. “Menghapuskan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan menutup jurang ketidaksetaraan gender adalah prioritas bagi pemerintah Indonesia. Dengan begitu, kami sangat mendukung terselenggaranya Women’s Empowerment Principles Awards pada hari ini yang memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkontribusi bagi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.”

Jamshed M. Kazi, Perwakilan UN Women Indonesia dan Liaison untuk ASEAN, menekankan pentingnya upaya kolaboratif untuk mewujudkan praktik bisnis yang responsif gender di Indonesia. “WEPs Awards menyediakan momentum bagi kita untuk merayakan praktik baik pemimpin dan perusahaan serta dampak aplikasi WEPs dalam bisnis mereka. UN Women sangat mengapresiasi kerja keras para pemimpin bisnis dalam upaya mereka untuk menghilangkan semua hambatan yang menghalangi perempuan untuk memenuhi potensi mereka. Namun, ini merupakan langkah awal dan jalan untuk mencapai kesetaraan gender di sektor bisnis masih panjang. Melihat animo dari BUMN, start-up dan perusahaan sosial (social enterprise) saat ini, Kazi lebih lanjut menyampaikan bahwa, “UN Women melihat penghargaan tahun ini adalah bukti upaya kolaboratif pemerintah, komunitas, dan sektor swasta untuk memperkuat pondasi kesetaraan gender dan inklusi sosial, yang menjamin akses yang setara, upah yang setara, dan kesempatan yang setara, dimana perempuan dan laki-laki dapat bekerja di lingkungan yang aman dan adil.”

Baca Juga :  Presiden Jokowi Instruksikan Jajarannya Bersiap Jalankan Program Vaksinasi Covid-19

Pemenang dari WEPs Awards Indonesia yang diumumkan hari ini adalah:
• Untuk Kategori Kepemimpinan: Nicke Widyawati, CEO PT Pertamina (Persero)
• Untuk Kategori Tempat Kerja Inklusif Gender: L’Oréal Indonesia
• Untuk Kategori Marketplace Responsif Gender: PT Amaan Indonesia Sejahtera
• Untuk Kategori Pelibatan Komunitas dan Kerjasama: The Body Shop® Indonesia
• Untuk Kategori Transparansi dan Pelaporan: Gojek
• Untuk Kategori Kepemimpinan Orang Muda: Tamara Dewi Gondo Soerijo, CEO Liberty Society

Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para pemenang Penghargaan WEPs di Indonesia, terutama untuk kontribusi dan peran aktif mereka dalam memajukan kesetaraan jender di tempat kerja, pasar dan komunitas. Dalam acara ini, Duta Besar Piket mengucapkan: “Dengan berinvestasi pada perempuan, bisnis akan mendorong pertumbuhan, produktivitas dan inovasi. Hal ini terbukti nyata di kalangan bisnis, dan bukan hanya sekedar tujuan moral dan hak asasi manusia. Oleh karena itu, Uni Eropa sangat bangga pada para pemimpin dan perusahaan Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan jender di dunia bisnis.”

Baca Juga :  Menkominfo Harap Pedoman Implementasi Pasal Tertentu Dukung Upaya Penegakan UU ITE

Shinta Kamdani, anggota dewan Koalisi Bisnis Indonesia untuk Pemberdayaan Perempuan (Indonesia Business Coalition for Women’s Empowerment/IBCWE), menyetujui bahwa kesenjangan gender adalah masalah sosial dan ekonomi yang kritis sehingga perlu penanganan segera. “Berinvestasi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan perempuan merupakan hal mendasar dalam mempromosikan kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk membangun masyarakat yang adil. Keberadaan kita disini membuktikan bahwa kita semua adalah pemenang hari ini karena berkontribusi dalam menghilangkan kesenjangan gender di tempat kerja dan praktik bisnis”

Pemenang WEPs Awards Indonesia akan lanjut ke tahapan penghargaan berikutnya dan bersaing dengan perusahaan lain di Asia-Pasifik untuk dipilih sebagai pemenang regional, yang akan diumumkan pada 18 November 2021.

#

Tentang UN Women
UN Women merupakan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berdedikasi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Upaya UN Women didasarkan pada keyakinan dasar bahwa setiap perempuan berhak menjalani hidup yang bebas dari kekerasan, kemiskinan, dan diskriminasi. (Fan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!