Prabu Ketua DPD Mapancas Kab. Bogor: Setiap Waktu dan Tempat Adalah Peringatan Sumpah Pemuda

0

BOGOR | KILASBERITA.ID – Organisasi Pemuda Mahasiswa Pancasila atau yang lebih dikenal dengan MAPANCAS ini adalah organisasi yang dibentuk sejak tahun 1958, tercatat telah melahirkan sejarah awal dalam bentuk ide-ide dan gagasan untuk menghimpun gerakan potensi Mahasiswa Indonesia yang aktif dalam pembangunan nasional.

MAPANCAS bertujuan untuk menghayati, mengamalkan dan mengamankan Pancasila yang sesuai dengan pembukaan UUD 1945 dalam dunia kemahasiswaan khususnya dan dalam masyarakat Indonesia pada umumnya.

Ahmad Asep Kurniawan yang akrab disapa kang Prabu selaku ketua Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Kabupaten Bogor, dalam momentum sumpah pemuda 28 oktober 2021 menyerukan solidaritas sosial kepada seluruh kaum muda.

Kang Prabu menyampaikan, bahwa pandemi seharusnya bukan dijadikan halang dan rintang bagi kaum muda khususnya kader Mapancas, untuk senantiasa berkreasi dan tetap berpegang teguh pada cita-cita kemerdekaan republik indonesia yang digadang-gadangkan pemuda terdahulu.

Baca Juga :  Tadarus Pengawasan Dalam Rangka Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pada Jurnalis Provinsi Sumsel

“Kita kaum muda telah disumpah oleh para terdahulu untuk senantiasa menjungjung tinggi nasionalisme melalui sumpah pemuda, hal itu sudah melekat dalam darah kaum muda. Tinggal kita sendiri sebagai kaum muda harus mau membuka kenyataan tersebut,” terang Prabu.

“Pandemi meluluhlantakan semua aspek kehidupan manusia, semua tatanan sosial berangsung melambat bahkan terhenti seketika. Problem itu menjadi tanggung jawab kaum muda untuk senantiasa mengintervensi dan menginisiasi perubahan agar situasi nasional tetap berlangsung secara kondusif,” ucapnya.

Baca Juga :  Dandim 0311/Pessel Tinjau Kesiapan Posko PPKM Dan Rumah Isolasi Di Wilayah Kecamatan Bayang

Selanjutkan kang Prabu juga menyerukan kepada seluruh kader Mapancas Kabupaten Bogor, agar merefleksikan momentum sumpah pemuda sebagai spirit kehidupan kader dimanapun dan kapanpun.

“Saya mengingatkan kepada seluruh kader Mapancas Kabupaten Bogor bahwa semangat sumpah pemuda tidak hanya hadir pada tanggal 28 oktober, tapi setiap waktu dan tempat adalah peringatan sumpah pemuda. Semangat kita sebagai kaum muda pancasilais adalah semangat tanah air, bahasa dan bangsa yang satu yaitu indonesia. Kita kaum terdidik yang harus senantiasa mendidik, tak pantang menyerah, peka terhadap problematika sosial dan senantiasa selalu berpihak pada ide besar pancasila,” pungkasnya. (Atx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!