Peran Penting Aplikasi Daring Saat Pembelajaran Jarak Jauh

0

BOGOR | KILASBERITA.ID – Wabah virus Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, memaksa semua orang untuk berdiam diri di rumah. Di Indonesia sendiri, masa pandemi sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun.

Dilansir dari kompas.com Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan keyakinannya bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan berubah menjadi endemi tahun 2022 mendatang.

Status pandemi dan endemi ditetapkan berdasarkan sejauh mana suatu penyakit menyebar, bukan karena tingkat keparahan penyakitnya.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 di Jawa-Bali berakhir pada Senin (1/11/2021) hari ini.

Menurut data kompas.com saat ini hanya tersisa kurang dari 20.000 kasus aktif di nasional dan kurang dari 8.000 kasus aktif di Jawa-Bali, Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570.000 kasus aktif pada puncak varian Delta dua ninggu kebelakang.

Sementara untuk pendidikan masih dengan komposisi 50% melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Pemerintah dalam hal ini perlu meningkatkan kemampuan para pendidiknya dalam mengolah bahan ajar, agar pembelajaran yang diberikan kepada siswa lebih menarik.

Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19), sehingga para guru dipacu untuk mengembangkan bahan ajar dan teknik pembelajaran jarak jauh atau daring.

Baca Juga :  Wujudkan Visi Kampus Membangun Desa : ITB Ahmad Dahlan Sepakati Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak

Dilansir dari guruinovatif.id ada 5 aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembeajaran jarak jauh atauh daring, diantaranya :

Google Classroom
Google Classroom adalah aplikasi pembelajaran daring berbasis web yang dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran antara pengajar dengan peserta didik tanpa harus bertatap muka secara langsung. Google Classroom merupakan layanan dari Google for Education untuk membantu aktivitas komunikasi antara pengajar dengan peserta didik dalam pembelajaran.

Animaker
Animaker merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat video animasi materi pembelajaran. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi yang rumit sekalipun tanpa harus tatap muka. Video animasi yang telah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Edmodo
Layanan berbasis pendidikan yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru untuk berbagi konten materi, mendistribusikan kuis, membagikan tugas, serta mengelola komunikasi antara pengajar, siswa hingga menyampaikan laporan langsung kepada orangtua siswa. Edmodo menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang cukup diminati di dunia karena penggunaannya yang mudah dan didukung oleh fitur solutif yang ditawarkan terhadap perkembangan teknologi khususnya di dunia pendidikan.

Baca Juga :  Sambut Hut TNI Ke-76, Satgas Yonif 512/QY Bagikan Tas dan Alat Tulis di Tapal Batas

Zoom
Salah satu aplikasi yang populer belakangan ini adalah Zoom. Zoom memungkinkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh secara daring dengan penyampaian materi pelajaran oleh pengajar yang dapat tersampaikan kepada siswa, sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara dua arah dan siswa bisa langsung memberikan umpan balik terhadap materi yang disampaikan.

Salah satu fitur pada Zoom yang sangat berguna adalah fitur screen record yang dapat digunakan untuk merekam materi yang disampaikan pada layar. Dengan fitur ini, kita tidak perlu khawatir untuk ketinggalan materi yang bisa diakses melalui video rekaman yang tersimpan.

Edpuzzle
Edpuzzle merupakan sebuah platform yang dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membantu memilih video pembelajaran, mengedit, memotong, merekam suara serta dapat menambahkan pertanyaan untuk dijadikan penilaian dalam bentuk kuis. Dengan edpuzzle, kegiatan pembelajaran dengan menonton video pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk lebih aktif.

Dengan penggunaan edpuzzle untuk penyampaian materi pembelajaran, guru dapat mengetahui seberapa lama siswa saat menonton video pembelajaran dan statistik penyelesaian menonton video yang diberikan guru.

Semoga dengan 5 aplikasi tersebut pendidik dapat mengaflikasikannya terhadap siswa, serta membuat pembelajaran lebih menarik.

Penulis : Roni Ruswandi, M.Pd
(Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Cariu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!