Danrem 061/Sk Ajak Peserta Pramuka Saka Wira Kartika Agar Tanggap Bencana Alam

0

BOGOR | KILASBERITA.ID – Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M Hadir dan membuka kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 061/Suryakancana tahun 2021 yang diselenggarakan di Buperta Cimandala Sukaraja Kabupaten Bogor, Sabtu (13/11).

Sebanyak lebih kurang 70 orang peserta yang mengikuti kegiatan kali ini yang diantaranya adalah sebagai peserta Pramuka, Pembina Pramuka dan Pendukung. Ikut mendampingi Danrem pada kegiatan tersebut adalah Kasiter Rem 061/Sk Kol Kav Budiman Ciptadi, kemudian Dandim 0621/Kab Bpgor, Pasiter Korem 061/Sk serta Danramil Sukaraja.

Dalam amanatnya Danrem selaku pimpinan apel kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika kali ini, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 061/Suryakancana masih di dalam situasi kondisi pandemi covid 19, oleh karena itu diharapkan agar semuanya dapat mengutamakan keselamatan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 061/Suryakancana dilaksanakan sesuai peraturan bersama dengan Kepala Kwarnas Gerakan Pramuka No. 182 10 2007 dan No. 199 tahun 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan.
Pada dasarnya TNI Angkatan Darat menjalankan tugas konstitusional dalam usahanya membina partisipasi masyarakat untuk memiliki kesadaran bela negara yang dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan wilayah dengan binakreasi muda yang tergabung dalam gerakan Pramuka untuk memelihara kesadaran bela negara khususnya dari kalangan generasi muda, oleh karena itu maka harus dibangun dan ditumbukan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan dan dalam bentuk proses pembelajaran interaktif partisipatif dan progresif secara berkesinambungan.

Baca Juga :  Sinergi PLN-TNI AD Dukung Kelancaran Latihan YTP 100 Kodam I/BB

Untuk pendidikan tersebut salah satunya adalah melalui gerakan Pramuka yaitu gerakan kepanduan nasional yang bertujuan mendidik dan membina, kemudian menjadi manusia yang berwatak baik memiliki budi pekerti luhur serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila senantiasa setia dan membela negara kesatuan republik Indonesia.

Sebagai satu upaya pemberdayaan wilayah yang salah satunya mewujudkan pemuda Indonesia memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika dalam kegiatan Pramuka hari ini adalah implementasi pembinaan kaum muda sebagai putra-putri kreasi bangsa dalam upaya membantu Sekolah yang pada gilirannya mampu dan terampil dibidang ilmu pengetahuan tentang navigasi darat dan Penanggulangan Bencana, selain itu gerakan Pramuka adalah sebagai wadah pilihan utama dan solusi masalah kaum muda. maka dalam gerakan Pramuka saka Wira Kartika lebih menghayati nilai-nilai dasar Darma Pramuka sebagai tanda harus memahami dalam kehidupan kepramukaan, maupun dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, hal ini karena dari Pramuka yang tergabung dalam Gudep Pramuka Saka Wira Kartika Kodim akan menjadi teladan bagi kita semua sehingga mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan positif baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggalnya masing-masing.

Baca Juga :  Anjangsana Brimob Kompi 2 Batalion B Pelopor HUT Korps Brimob Polri ke 76

Sebagai penutup amanat Danrem mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Pembinaan Pramuka saka Wira Kartika 2021 kepada semua pihak yang berperan pada kegiatan ini, ” saya berharap kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar, semoga Tuhan yang maha esa senantiasa petunjuk dan kemudahan kepada kita semua dalam pengabdian nama saya kita ketahui dan kita banggakan.” Tutupnya.

Usai memberikan amanatnya kemudian Danrem melanjutkan dengan pemberian materi, yang mana isi materinya yaitu berkaitan dengan wawasan kebangsaan yang intinya adalah bagaimana cara mencintai bangsa ini dengan kemampuan diri masing-masing dihadapkan dengan situasi wilayah sekarang banyak terjadi bencana alam harapannya adik adik pramuka harus ikut andil membantu masyarakat apabila ada yang kerkena dampak bencana alam

Dan sebelum acara pembukaan pembinaan Pramuka saka Wira Kartika Korem 061/ Suryakancana tahun 2021 ditutup, acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta pembinaan Pramuka. (Jo)

Sumber: Penrem 061/Sk

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!