Bupati Kaimana Freddy Thie Komitmen Mendukung Papua Terang Bersama PLN di Kaimana

0

PAPUA | KILASBERITA.ID – Hari ini disela-sela break rapat Kordinasi Otonomi Khusus pemerintah daerah se-Provinsi Papua Barat, Bupati Kaimana Freddy Thie didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung kabupaten Kaimana yang diwakili oleh Kepala Bidang Bina Pemerintahan Kampung Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Senja P. Suwardji. Berkesempatan bertemu dengan Manager PLN UP3 Sorong yg d wakili oleh pak Deskinel selaku PLH Direktur Pemasaran dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Pembangkit Listrik Negara (PLN) Kota Sorong, Papua Barat. (18/11/2021)

Di ruang Kerja Manager Pemasaran ini Freddy Thie menyampaikan kepada Pimpinan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua Barat kiranya dapat melakukan pemasangan jaringan listrik melalui Program Papua Terang pada Kampung di Kabupaten Kaimana yang belum memperoleh jaringan listrik. Dimana, selaku Bupati yang bertindak atas nama Pemerintah tentu akan berkomitmen mendukung pelaksanaan Program Papua Terang di wilayah Kabupaten Kaimana.

Baca Juga :  Dampak Pandemi Bagi Wisata, Rizal Fahmi : Kami di Rugikan

“Harapan besar kami untuk masyarakat kiranya Pimpinan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat berkenan menyetujui usulan pelaksanaan Program Papua Terang di Kabupaten Kaimana sehingga pada Tahun 2023 seluruh Kampung ( 84 Kampung Definitif dan 15 Kampung Persiapan) se-Kabupten Kaimana diharapkan dapat terjangkau akses jaringan listrik.

Freddy juga menjelaskan kondisi Kabupaten Kaimana sebagai Kabupaten di wilayah Provinsi Papua Barat yang secara pemerintahan terdiri dari 7 (tujuh) Distrik, 2 (dua) Kelurahan, 84 (delapan puluh empat) Kampung Definitif dan 15 (lima belas) Kampung Persiapan yang secara geografis sebagian besar hanya bisa ditempuh dengan transportasi laut.

Hal ini yang menyebabkan masyarakat disebagian besar wilayah Kampung tersebut tidak terjangkau oleh akses jaringan listrik yang bersumber dari PT. PLN (Persero). Pelaksanaan Program Papua Terang yang dilaksanakan oleh PT. PLN (Persero) dibeberapa Kampung telah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat yang secara langsung berdampak pada peningkatan nilai ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Lestarikan Adat Budaya Nugal Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

Disamping pembahasan usulan penambahan jumlah kampung pada tahun 2022 sebanyak 14 Sistem Isolated untuk kapasitas 25 Kampung dalam program papua terang d kabupaten kaimana, Kami juga membahas program PLTMG Tahun 2022 dimana tahapan persiapan ini meliputi persiapan/kesiapan lahan untuk dibangun PLTMG dengan kapasitas 10 MG di kabupaten kaimana.

“Besar harapan kami melalui kerja sama yg baik antara pemda kaimana bersama PT PLN (persero) Papua Barat dapat menjawab kebutuhan dasar masyarakat melalui pemenuhan aksesbilitas listrik dengan baik, Kaimana Terang, Kaimana Bangkit, Kaimana Maju”. Ujar Bupati Kaimana Freddy Thie. (M. Rid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!