Peringatan 1000 Hari (Haul) Alm Samuri bin Alm Arif Atau Mak Tosari Alias Jundreng

0

Sampang || Kilasberita.id – Dalam tradisi adat Jawa timur diwilayah Madura khususnya kabupaten dampang, ada satu tradisi masyarakat yang diselenggarakan tiap 1-7 hari, 40 hari hingga 1000 hari sebagai peringatan hari kematian salah satu anggota keluarga.

Di masyarakat Jawa timur khusunya di Madura kabupaten sampang, hitungan ini dimaknai sebagai penanda untuk melakukan upacara keagamaan atau tahlilan dengan memberikan doa bagi arwah saudara atau kerabatnya yang sudah meninggal.

Samuri bin Arif atau Mak Tosari alias Jundreng sapaan akrabnya merupakan Bapak dari saudara Abd Rohman di Sampang, Madura – Jawa Timur,yang diselenggarakan di dusun kesangkah barat desa gunung rancak kecamatan Robatal kabupaten Sampang

Baca Juga :  Sambut Tahun Baru 2021, PCNU Kabupaten Bima dan Banom Gelar Istighosah dan Doa Bersama

Abd Rohman merupakan Pimpinanan media Teropongbarat.co, Beliau terbilang cukup muda untuk seorang Pimred. Tapi karna Talent dan ide-ide cemerlangnya sehingga ia dipercaya oleh Pimpinan perusahan untuk menjalankan Media Nasional ini.

“Acara 1000 hari atau bahasa awamnya “Ngehol” ini rencannya akan kami gelar untuk almarhum Bapak kami Samuri bin Alm Arif,”Kata nya ssaat di konfirmasi pada Selasa (25/05/2021)

Pimred muda asal Sampang ini menambahkan kalau acaranya ini bukan hanya sekedar tradisi saja,

“Acara 1000 hari meninggalnya alm Bapak ini bukanlah sekedar tradisi saja, melainkan sebagai pengingat bagi kita yang masih hidup ini bahwa kelak kita pastinya akan mati juga.”Jelasnya.

Baca Juga :  Halal Bi Halal Gerakan Pemuda Islam Kabupaten Bogor Dan Kajian Rutin Bulanan

“Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, mudah-mudahan kelak kita dipanggil menghadapNya dalam keadaan Khusnul Hotimah.”Harapnya.

Pemuda kelahiran Kalimantan ini mengajak segenap handai taulan dan saudara serta rekan-rekan untuk bersama-sama mendoakan alm Bapak Samuri,

“Kami sangat mengharapkan doa dari handai Taulan, sanak saudara, rekan kerja dan teman-teman semuanya untuk alm Bapak Samuri. Mudah-mudahan Allah mengampuni segala dosanya dan dapat menempatkanya di dlam Syurga.”Tutupnya.(Ajb)

Leave A Reply

Your email address will not be published.