Selmi Refinda Putra, Dalang Bocah Berbakat Dari Kabupaten Garut

0

GARUT | KILASBERITA.ID – Kabupaten Garut seakan tidak pernah kehabisan talenta talenta berbakat di bidang seni tradisional. Saat ini banyak bermunculan anak anak berbakat, yang mengeluti seni sunda khususnya seni sunda wayang golek.

Adalah seorang anak bernama Selmi Refinda putra, yang menyukai seni sunda wayang Golek sejak umur 3 tahun. Putra dari pasangan Redi herdiansyah dan Widiya nurul Azijah ini memang sangat menyukai kesenian wayang golek, kalau di radio atau di tv ada acara wayang golek selmi pasti menyimak, karena sudah ada hasrat ingin jadi seorang dalang sejak kecil.

Selmi merupakan dalang bocah yang sangat berbakat, walaupun umur nya masih terbilang sangat muda tapi dia punya bakat yang sangat luar biasa, terbukti dia pernah mengisi acara baik itu hajatan maupun acara pemerintahan, pada waktu acar rampak dalang tiga generasi, yang di adakan oleh Pepadi kabupaten Garut. Selmi bertugas memimpin rekan rekan nya sesama dalang bocah, itu menjadikan suatu kebanggaan bagi kami sebagai oran tuanya, kata ibu Widya ketika di wawancara oleh wartawan PNI Garut, Jumaat 28/05/21 di rumahnya di kawasan Papanggungan Cikajang.

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Kepada Bapak Badri Glr Raja Migo Dari Media Kilasberita.id, Atas Terlaksananya Pernikahan Putra Beliau

Selmi Lahir pada tanggal 22/05/2007 lalu, umur nya baru 14 tahun, sekarang ini tercatat sebagai siswa dari SMPN 1 Cikajang, bakat nya sudah terlihat sejak umur 3 tahun, baru sekitar umur 7 tahunan Selmi mulai belajar wayang kepada Kang Heri hermawan yang merupakan seorang Dalang muda di daerah Cikajang kabupaten Garut, setelah sekian lama belajar kepada kang Heri. Selmi akhirnya belajar menjadi dalang kepada salah satu anak nya maestro dalang wayang golek. Abah Asep sunandar Almarhum yakni Dalang Cipta Dewa Sunandar, ujar Widya.

Dikatakan Widya, Dari Dalang Cipta Dewa ini lah nama Selmi yang tadi nya Selmi refinda putra, sekarang untuk nama panggung nya menjadi Selmi Cipta Dewa Sunandar, dan nama grup nya juga menjadi pujara Giri Harja Putra 3 kata Widya.

Sementara Selmi mengatakan, dia ingin menjadi dalang yang terkenal seperti almarhum Abah Asep sunandar, maka nya saya terus belajar dan belajar, agar bisa mencapai cita cita menjadi seorang dalang yang bagus dan terkenal, saya ingin menjadi generasi yang mencitai seni tradisional khusus nya wayang golek, pungkas Selmi.

Reporter : Ajb

Leave A Reply

Your email address will not be published.