Kelompok Tani Ikan Gurame Tunas Kamulyan Kesulitan Dengan Indukan Gurame

0

Ciamis || Kilasberita.id – Para petani ikan gurame di Desa Karangkamulyan,Kecamatan Cijeungjing,Kabupaten Ciamis,Propinsi Jawa Barat,sudah lama kekurangan indukan.Kini banyak kolam tidak terisi ikan gurame,padahal bertani ikan gurame itu sudah menjadi pendapatan keluarga.

“Penyebab kekurangan indukan atau benih gurame itu akibat terserang penyakit.Hingga berkurang benih dan banyak kolam yang menganggur”,ungkap Kuswandi,anggota Kelompok Tani Ikan Gurame “Tunas Harapan” yang juga Ketua RW 01 Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis kepada wartawan di rumahnya Dusun Karangkamulyan RT 01 RW 01 Desa Karangkamulyan,Sabtu (29/5-2021).

Sebelumnya, kolam yang berada disamping rumahnya itu terisi minimal seribu ekor.Kini kosong tidak ada benih gurame, dan terserang hama. Ia menjual per ekor tergantung besarnya ada yang harga Rp 1.000,-, ada yang Rp 1.500,-ada yang harga Rp 3.500,-.

Dengan kesulitan mencari benih ikan gurame itu para petani ikan gurame terhenti.
Ketua kelompok ikan gurame Tunas Kamulyan Desa Karangkamulyan Tarsonudin, membenarkan anggota kelompoknya kesulitan indukan atau benih ikan gurame.Karena paktor terserang penyakit.Benih ikan gurame jenis gurame soang asli Ciamis ini,sulit mencari indukannya.

Baca Juga :  Pedagang Pasar Blimbing Gatak, Dapat Himbauan 5M Dari Koramil 07/Gatak Dan Polsek Gatak

“Lancar dan gebyarnya ikan gurame soang di kelompok Tunas Kamulyan sampai tahun kemarin itu,karena indukannya banyak.Tidak kesusahan”,vkata Kuswandi lagi.

Kini, di kolam Tarsonudin masih ada, namun itu untuk mengisi kolamnya puluhan di tepi Jalan raya Banjar-Ciamis itu masih jauh kekurangan.”Jangankan untuk memenuhi kebutuhan yang lain,di sentra kolam ikan gurame milik pribadi masih belum terisi”,ungkap Tarsonudin sembari menunjuk ke puluhan kolam yang tersekat sekat masih kosong.Hanya kolam didepan saung tempat aktivitasnya ukuran 8 meter x 10 meter masih terisi sekitar 10 ribu ekor.

Apa pernah mengajukan ke Dinas Perikanan permohonan bantuan benih ikan gurame soang asli Ciamis? Tidak pernah kami berusaha mandiri,membenihkan, membuat indukan untuk lingkup kelompok ikan gurame ‘Tunas Kamulyan’.Jadi kualitasnya terjamin dan tidak ragu lagi.Maka ketika berjalan banyak pembeli yang tidak terlayani”,ungkap Tarsonudin, Ketua Kelompok ikan Gurame soang. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.