Di Pasar Manis Ciamis Bangunan Pedagang Menyita Lahan Parkir dan Jalan

0

Ciamis || Kilasberita.id – Bangunan Pedagang kaki lima kian bertambah, Bahkan dari trotoar berjajar berlapis sampai tiga pedagang menempati lahan parkir. Kendaraan yang hendak menurunkan barang pun harus numpuk parkir dengan parkir sepedah motor.

“Semakin sempit untuk parkir,apalagi untuk mobil yang menurunkan barang.Dulu nyamsn,sekarang lahannya tersita oleh bangunan pedagang kaki lima”,ungkap Iyan, sopir box yang akan menurunkan barang buat ke kios, kepada Awak media, Rabu (2/6-2021).

Pantauan Awak media di Pasar Manis Ciamis, para pedagang kaki lima semakin leluasa membangun memperlebar kiosnya di lahan yang fungsinya untuk parkir.Trotoar untuk pejalan kaki.Toko juga berjualan sampai menyita trotoar,hingga menganggu kenyamanan pengguna jalan.

Baca Juga :  Berkelahi Dipinggir Jalan, 2 Pemuda Diamankan Personel Polres Sumbawa

Toko Amanda sampai memasang terpal, yang terkesan kumuh. Trotoar, tempat parkir banyak tersita oleh bangunan lapak pedagang.Hingga tiga lapis lapak.Pedagang pakaian,pedagang makanan,dan pedagang dorong minuman. Parkir tersita luas oleh pedagang Makanya, ketika parkir sulit, berbaur dengan yang lintas atau keluar masuk kendaraan dan antrian yang akan berbelanja.Menurut mereka ,harusnya ada penertiban dari Satpol PP.

Ketua Ormas HMSI Kabupaten Ciamis Dede Ruhimat, mengomentari kondisi pedagang yang menyita trotoar,jalan dan lahan parkir,”Itu seharusnya ditertibkan jangan sampai terus bertambah dan memadati lahan parkir”,ungkap Ketua HMSI Ciamis kepada Penainvestigasi di Pasar Manis Ciamis,Rabu (2/6-2021).

Menurutnya,bila tidak cepat ditertibkan maka trotoar tersita.Pejalan kaki tidak nyaman. Badan jalan masuk tersita.Kendaraan yang akan parkir tidak bisa parkir.Lahan parkir tersita,makin menyempit. Kekumuhan semakin kumuh.
Untuk itu Pemkab Ciamis untuk turun menata kembali pedagang kaki lima.Sesuai lahan peruntukannya.Agar yang akan berbelanja nyaman berjalan,nyaman parkirnya.

Baca Juga :  Pemprov DKI Jakarta Bekerjasama dengan Pemkab. Sumedang untuk Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Tidak teraturnya yang berjualan,terlihat dari jalan blok pasar subuh,bangunan sekitar kios terminal bis Ciamis.Taman jadi tempat kios berjualan.Lahan parkir tersita para pedagang seperti jajaran Poto Copi sampai depan toko toymina. Jalan masuk ke pasar manis yang keluar ke pasar subuh kiri kanan bangunan saung pedagang buah buahan.Hingga harus hati hati yang membawa kendaraan,karena jalan menyempit berbaur dengan yang akan berbelanja. (D.Ruhimat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.