Menteri Agama, Tingkatkan Kapasitas Penghulu Dan Penyuluh Agama Diimbangi Dengan Kesejahteraan

0

BANTUL || KILASBERITA.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dalam momen pencanangan 5.945 KUA sebagai pusat layanan keagamaan didukung dengan integritas sistem data dan informasi, sehingga KUA menjadi etalase kementrian agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Terang Gus Yaqut dihadapan KUA Kapanewon Sewon bersama 5 KUA lainnya, yakni; KUA Ciawigebang Jawa Barat, KUA Banjarnegara Jawa Tengah, KUA Sidoarjo Jawa Timur, KUA Gunung Sugih Lampung, dan KUA Biringkanaya Sulawesi Selatan yang menjadi role model program revitalisasi KUA se-Indonesia, Sabtu Malam, 29/05/2021 melalui video conference.

Lebih lanjut Gus Mentri menyampaikan, “Revitalisasi KUA ini tidak hanya menyentuh inprastuktur bangun gedung saja, tapi pelayanan lebih penting dengan budaya melayani dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi penghulu dan penyuluh agama. Tentunya tugas yang banyak berimbang dengan haknya (gaji) dan ini tugasnya Sekjen Prof. Nizar Ali.” Terangnya Gus Mentri di hadapan tamu undangan dan diikuti 80 ribu lebih penghulu dan 5 ribu penyuluh agama Islam Fungsional dan 45 ribu penyuluh agama Islam Non PNS yang tersebar dari Sabang sampai Merauke secara virtual.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, menyampaikan, “Saya bersama stakeholder mendukung 10 program tupoksi layanan KUA dengan digitalisasi. Layanan nikah berbasis website, layanan fasilitas live straeaming bersama Masquri, penyuluh agama Islam Fungsional dan Rustam, penyuluh agama Islam Non PNS dan penyuluh lainnya. Sehingga keluarga pengantin dari mana saja dapat mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, Optimalisasi sistem kemasjidan melalui aplikasi SIMAS (sistem informasi masjid), dan aplikasi SIWAK (sistem informasi wakaf). Digitaliasi ini sebagai wujud adaptasi layanan prima KUA Kecamatan Sewon di masa pandemi. Jelasnya

Baca Juga :  Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Jatim, Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi bersama BNPB di Polda Jatim

Edhi menambahkan, “Saya berharap KUA Kecamatan Sewon ini dapat menjadi prototype revitalisasi KUA di Indonesia dimulai dari adanya perubahan mindset yang harus dimiliki seluruh internal SDM KUA. Semoga revitalisasi KUA ini dapat mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.” Harapnya.

Acara pencanangan revitalisasi KUA secara virtual itu disaksikan Asisten 3 Sumberdaya dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kab. Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc., Kepala Kanwil Kemenag DIY. Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I beserta jajarannya, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kepala KUA Kapenewon Sewon, Asrori, SH termasuk ketua FKPAI Non PNS KUA Kapanewon Sewon, H. Syahroini Djamil yang berlangsung di aula balai nikah KUA Kapanewon Sewon. (Rustam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.