Refleksi Harlah Pancasila : IMM Serukan Aksi Perdamaian dan Keadilan

0

Kilasberita.id | Jakarta – 03/06/2021 Dalam Memperingati hari kelahiran Pancasila, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ITB Ahmad Dahlan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serukan pesan tentang pentingnya upaya refleksi mendalam terhadap Pancasila. Acara yang dikemas dalam webinar melalui media zoom teleconference tersebut menghadirkan Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Bpk. H Abdul Rasyid S.Ag sebagai narasumber. Acara tersebut bertemakan “Refleksi Hari Lahir Pancasila”.

Ketua pelaksana Laode Zoe Tumada, menyampaikan pesan moral yang termaktub dalam batang tubuh Pancasila, menurutnya ada lima point penting Pancasila yang hari ini harus manifestasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Pertama, Pancasila mempunyai kekuatan sebagai sumber nilai spiritual dalam bentuk budi pekerli luhur dan akhlak mulia (integrity and piety), maka pancasila harus dijiwai dengan sebaik mungkin, dengan begitu sikap humanitarianisme, pruralisme, patriotisme, inklusif, serta consciousness akan terbentuk dalam pribadi warga negara sebagai implikasi dari pemahaman yang mendalam tentang makna Pancasila.”

“Karena lima poin fundamen itu sangat holistik, seyogyanga Pancasila harus dijadikan patokan untuk menjawab isu-isu kontemporer” Ucap Alfa Ruliandi Ketua Umum PK. IMM FEB ITB-AD. Menurutnya, salah satu pengejahwantahan terbaik Pancasila terhadap isu kini adalah partisipasi aktif kita dalam memperjuangkan hak kemanusiaan para warga Palestina, IMM harus mengambil peran untuk hal tersebut. Tuturnya dengan berapi-rapi.

Baca Juga :  Polres Sumbawa Barat Lakukan Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Geram di Akses Vital PT AMNT

H Abdul Rasyid dalam paparannya memberikan fokus kepada generasi muda tentang apa itu pancasila sebagai dasar falsafah Bangsa Indonesia. “Tiga hal penting yang harus dilakukan generasi muda milenial; Pertama, generasi muda harus mempunyai sikap demokratis yang tinggi, mementingkan aspek musyawarah mufakat untuk mengambil keputusan. Kedua, generasi muda harus lantang mengusahakan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam segala aspek. Ketiga, senantiasa memelihara dan mengamalkan ajaran-ajaran Pancasila dalam keidupan sehari-hari.” Ucap Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan tersebut.

Webinar tersebut juga disambut hangat oleh Pimpinan Cabang IMM Jakarta pusat, Salman Faris Sani, berpesan bahwa sebagai kader yang progrsif dan berkemajuan, kader IMM harus mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebaik mungkin untuk kemaslahatan kehidupan bersama.

Tak ketinggalan, Ketua PPIK ITB Ahmad Dahlan, Bpk. Sarli Amri, MA juga memberikan pesan khusus kepada 135 Peserta webinar bahwa sumber Pancasila adalah Agama Islam yang merujuk pada kebaikan hidup di dunia. Oleh sebab itu, mari senantisa berbuat baik dengan mengharap ridho Allah SWT karena segala sesuatu yang kita lalukan akan dipertanggung jawabkan dihadapan-Nya. (Fhari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.