Kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang I Tahap II di Kab. Garut

0

GARUT || KILASBERITA.ID – Bertempat di Lapangan Apel Mapolres Garut Jl. Jenderal Sudirman No 204 Garut dilaksanakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Kab. Garut yang dipimpin oleh Bupati Kab. Garut H. Rudi Gunawan SH.MH., Senin (07/06/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Garut, Pejabat Utama Polres Garut, Ketua DPRD kab. Garut, Dandim 0611 Garut, Kajari Garut, Ketua pengadilan Kab. Garut, Setda Kab. Garut, Dan Den Pom III/2 Garut, Danyon 4 Kompi A Satbrimob Polda Jabar, Kasatpol PP Kab. Garut, Asda I Pemda Kab. Garut, Kadis BPND Kab. Garut, Kadishub Kab. Garut, ka dinas kesehatan akb. Garut, Ka dinas Damkar Kab. Garut, Ketua MUI Kab. Garut, dan pasukan gabungan yang terdiri dari 1 regu pasukan Kodim 0611 Garut, 1 regu pasukan Dan Den Pom III/2 Garut, 1 Regu Yonif 303 Rider, 1 regu Pasukan sat Brimob, 1 Regu pasukan sat Pol PP Kab. Garut, 1 regu Pasukan Dishub Kab. Garut, 1 peleton Dalmas Polres Garut, 1 peleton Sat lantas Polres Garut, 1 peleton Gabungan Polsek Polres Garut, 1 regu dari sat Intel, sat Reskrim l, dan sat narkoba, yang seluruhnya berjumlah 150 orang.

Dalam Esensi Arahan dari Pimpinan Apel, Bupati Garut H, Rudi Gunawan menyampaikan bahwa gelar pasukan kali ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan jajaran Polres Garut yang di bantu oleh Bko Polres samping (Polres Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Ciamis, Polres Sumedang) dan Sat Brimob Polda Jabar. Sehingga seluruh rangkaian tahapan dalam pilkades serentak gel i. Tahapii. Tahun 2021 kab. Garut dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar ditengah pandemi covid-19 yang belum kunjung selesai.

“Pengamanan pilkades serentak Gel. I Tahap II Tahun 2021 Kabupaten Garut, Polres Garut melibatkan 2/3 kekuatan personel untuk mengamankan setiap tahapan pilkades serentak ini termasuk pengamanan 2.228 TPS yang tersebar di 217 Desa, 40 Kecamatan dan 31 Polsek Jajaran Polres Garut, not sudah barang dalam yang timbul sebagai dinamika sosial dan politik yang terjadi, dimana apabila tidak diantisipasi dan ditangani atau baik, dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran selama pilkades serentak dilaksanakan”, ujarnya Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa hal tersebut bisa saja dilatarbelakangi aksi masyarakat serta ketidakpuasan penyelenggara pilkades masyarakat yang ditujukan kepada serentak ini baik Tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten.

Baca Juga :  Dukcapil Kemendagri Berikan Subsidi kepada K/L dan Swasta Rp6 Triliun Selama 6 Tahun Melalui Pemanfaatan Verifikasi Data Dukcapil

“Untuk itu kita antisipasi agar apabila adanya aksi massa, dimana proses yang awalnya berjalan kondusif, namun karena adanya provokasi dan adanya masalah yang tidak tertangani dengan baik, dalam penyelenggaraan pilkades ini p tidakada perkembangan sehingga situasi kamtibmas menjadi tidak stabil, yang berdampak pada timbulnya kerugian harta benda, korban jiwa, serta terganggunya aktivitas masyarakat”, ungkapnya.

Untuk menghadapi tugas Pengamanan Pilkades Serentak Gel. I Tahap II Di Kabupaten Garut maka pada kesempatan yang baik ini, ada beberapa hal yang perlu saya tekankan kepada seluruh, sebagai berikut:

  1. Siapkan mental dan fisik saudara-saudara, yang dilandasi oleh komitmen moral dan dalam disiting ikan yang terbaik kepada masyarakat. Hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik dan arogan, yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat; terdapat dalam visi misi polres garut yaitu kejujuran’ integritas, kerjasama, hirarki dan loyalitas.
  2. Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan babinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga dapat diantisipasi
  3. Tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan tindakan anarkhis lainnya, momentum pilkades serentak yang memanfaatkan di seluruh wilayah kabupaten garut;
  4. Maksimalkan potensi masyarakat yang ada diwilayah seperti toga, tomas dan toda untuk membantu mengamankan jalannya proses pemungutan suara dan titik-titik rawan kriminalitas;
  5. Jaga netralitas selaku aparat keamanan, dengan tidak mengarahkan keluarga/siapapun untuk memilih atau mendukung pasangan calon Kepala Desa.
  6. Jalin kerjasama yang harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, dalam mewujudkan sinergitas polisionil yang proaktif.
  7. Jaga kesehatan, keselamatan, patuhi dan jalankan protokol kesehatan covid-19 disetiap tugas anggota sekalian.

Bupati juga mengucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan “pengamanan pilkades serentak gel ii.gahun. Semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. (Humas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.