Cara Bela Negara Para Penggiat Alam Terbuka

0

KILASBERITA.ID – Berbicara membela tempat kelahiran atau tempat tinggal dimana kita hidup, atau membela Tanah Air/Memmbela Negara adalah sebuah keharusan oleh setiap warga Negara.

Membela Negara, kita analogikan sama seperti halnya kita sekeluarga wajib membela dan menjaga rumah tempat tinggal kita beserta isinya dan keselamatan keluarga dirumah kita dari berbagai ancaman seperti ancama orang jahat masuk kerumah kita yang akan mengancan atau merusak yang kita miliki.

Selain sebuah kewajiban sebagai manusia yang beradab membela negara dilindungi Negara dengan payung hukum yang jelas.seprti tertera dalam Undang-undang

Dasar hukum bela negara yang pertama adalah Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat 3 yang mengamanatkan bahwa;

“Setiap warga negara by berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 30 Ayat 1 yang mengamanatkan bahwa;

“Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat 1 yang mengamanatkan bahwa;

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara”

Baca Juga :  Aziz Syamsuddin, Calon Kuat Ikatan Alumni Universitas Triskati

Ketiga payung hukum itu, sudah jelas kuat sebagai dasar dan wajib dijalankan oleh setiap warga NKRI.

Untuk menjadi salah satu hak dan kewajiban bagi warga negara Indonesia, keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara dapat diselenggarakan dengan berbagai cara yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Bisa melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib, dan juga pengabdian sesuai dengan profesi.

Dengan dasar itulah kami perkumpulan para Relawan Indonesia Pembela Alam (RIMBA) sebuah komunitas kepemudaan dari berbagai latar belakang profesi dan disiplin pengetahuan. RIMBA punya cara tersendiri dalam mejalankan amanat Undang-Undang Bela Negara diantaranya.
Melakukan upaya-upaya Penyelamatan lingkungan hidup, Penanggulang Bencana, Mengurangi resiko dampak bencana, menjelajahi alam dalam upaya monitoring Sumber Daya Alam Negara,menjaga dan merawat kawasan lindung hutan sebagai, Menjaga dan Merawat Sumber Air, merawat dan menjaga budaya bangsa sebagai bagian dari Pertahanan Negara.

Hal seperti ini, bagi kami dipandang wajib hukumnya setiap warga negara ikut andil secara langsung bersama-sama saling senergi agar negara kita kuat dan tertata secara baik hingga bangsa kita bisa berjaya.

Baca Juga :  Al-Kausar Pimpin UKM Pencak Silat Rampoe IAIN Langsa

Bagi RIMBA, untuk mencapai tujuan yang di cita-citakan bersama ada banyak cara dalam melasakannya, kita bisa bersinergi dengan berbagai lembaga/ Institusi terkait baik itu pemerintah maupun pihak swasta.
Seperti yang sudah dan sedang dijalankan oleh RIMBA, dalam upaya penyelamatan dan membela alam dan Misi Kemanusiaan kita bersinergi dengan KOPASSUS TNI AD, KOREM 061/Suryakancana, BNPB, Relawan Gunung Gede Pangrango dan Komunitas lainya.

Itulah Bela Negara cara RIMBA, semoga apa yang sedang di jalankan kami para relawan menjadi berguna bagi Nusa dan Bangsa meskipun kami menyadari apa yang kami perbuat belum seberapa dibandingkan dengan apa yang telah ditorehkan oleh para leluhur Bangsa Indonesia, pendahulu kita yang mempertahankan Tanah Air kita hingga saat ini bisa tetap berdiri dan berdaulat.

Salam RIMBA
Salam Bela Alam
Salam Bela Negara

Salam Hormat Kami
A/n Perkumpulan
Relawan Indonesia Pembela Alam (RIMBA)

Wiwid Arengga
Ketua RIMBA

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!