Koramil 0621-16 Leuwiliang Kerahkan Anggota Untuk Lakukan Tracker Pada Masyarakat

0

BOGOR | KILASBERITA.ID – Koramil 0621-16 Leuwiliang Lakukan Tracer di Wilayah Binaan untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 sehingga upaya tersebut dapat mengurangi risiko penularan bagiasyarakat.

Guna mendukung program pemerintah dalam penanganan dan pencegahan covid -19 di wilayah binaan Koramil 0621-16 Leuwiliang Kabupaten Bogor, dilakukan sedini dan secepat mungkin lewat Tracer oleh Prajurit.

Dalam pelaksanaan Tracer Koramil 0621-16 Leuwiliang mengerahkan 7 anggota untuk memantau dan melacak pergerakan masyarakat.

Sebanyak 25 orang di Tracing oleh Babinsa dan tiga prajurit dikerahkan dalam pendisiplinan protkes.

Hal ini merupakan upaya preventif sekaligus proteksi dini terhadap ambang penyebaran covid-19, Kamis (17/6/21).

Baca Juga :  Kapolres Tubaba Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Personel

Pelacakan kontak terhadap orang-orang yang terkoneksi langsung dengan orang terkonfirmasi covid-19 merupakan sarana utama untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seperti Covid-19.

Demikian halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0621-16 Leuwiliang Koswara untuk mendampingi tim tracer.

Dengan gerak cepat serta langkah yang tepat seperti pendekatan persuasif kepada masyarakat, sehingga tim tracer bisa berkomunikasi dengan baik sekaligus memberikan edukasi agar tetap semangat dan mentaati protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan tracer tersebut ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak, serta membagikan masker kepada masyarakat, dan membubarkan kerumunan.

Selama ini, Tim tracing dari Puskesmas bersama Babinsa serta Bhabinkamtibmas lah yang menjadi ujung tombak penangulangan wabah Covid-19, untuk melacak warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif.

Baca Juga :  Pelaporan KLB Soal UPK, Ini Jawaban Kejari Lebak

Monitoring akan terus dilakukan guna memantau perkembangan kondisi kesehatan keluarga terkonfirmasi. Hal ini merupakan implementasi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat teritorial kewilayahan.

Sebagai seorang Tracer, Tim penanganan Covid-19 harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19.

Upaya memutus rantai penularan Covid-19, merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak.

Reporter : Muchtar UB

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!