Antusiasme Peserta Promosi dan Diseminasi Merek di Calang

0

Aceh, Kilasberita.id – Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh untuk pertama sekali menyelenggarakan Promosi dan Diseminasi Merek di Kabupaten Aceh Jaya, pembukaan acara Promosi dan Diseminasi Merek dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman di Aula Hotel Pantai Barat, Calang, kamis (8/7/2021).

Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB pada acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan Promosi dan Diseminasi Merek Kekayaan Intelektual di Aceh Jaya karena selama ini banyak pelaku usaha belum memahami tata cara dan syarat mendaftarkan Merek di Kemenkumham, banyak ragam kekayaan intelektual di Kabupaten Aceh akan segera didaftarkan seperti Kopi Lamno dan jenis makanan khas masyarakat Aceh Jaya, oleh karena ia berharap Kanwil Kemenkumham Aceh untuk dapat memberikan informasi yang lengkap tentang tata cara pendaftaran Merek pada peserta kegiatan yang umumnya para pelaku usaha dari UMKM Aceh Jaya, kata Bupati T. Irfan TB.

Sebagaimana diketahui Kegiatan Promosi dan Diseminasi Merek dilaksanakan di Hotel Pantai Barat Kota Calang selama 1 hari dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Drs. Meurah Budiman. SH., MH dihadiri oleh Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB, Ketua Dekranasda Ny. Hj. Ernani Wijaya, S.Kep., M.Kep., Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Jaya, para Kepala Dinas/SKPK dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Jaya.

Baca Juga :  Yahya Ys Bersama Dinsos Aceh Timur Kunjungi Tiga Warga Penderita Kanker Darah dan Bocor Jantung

Selesai pembukaan kegiatan Prodis Merek dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pelayananan Hukum dan HAM Sasmita, SH., MH., Kabid Pelayanan Hukum Irfan, SH., MH., sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum Sasmita, SH., MH kepada tim media mengatakan bahwa banyak peserta Promosi dan Diseminasi Merek
sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan terutama jenis-jenis produk dan jasa yang dapat didaftarkan mereknya, demikian juga prosedur pendaftaran merek tersebut, ucap Sasmita.

Menurut Sasmita selama ini banyak para pelaku usaha tidak tahu bagaimana cara melakukan pengajuan permohonan pendaftaran merek sebagai kekayaan intelektual yang lahir ditengah-tengah masyarakat produktif walau pada masa pandemi Covid-19, kata Sasmita.

Baca Juga :  Duek Pakat, Seluruh Panglima KPA Aceh Berkumpul di Aceh Timur

“Dalam forum diskusi sudah kita jelaskan jenis-jenis Kekayaan Intelektual untuk didaftarkan mereknya, serta mekanisme atau prosedur pendaftaran merek tersebut”, ujar Sasmita.

Sebelumnya Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman dalam sambutannya mengatakan tujuan pendaftaran Merek adalah dalam rangka menjamin perlindungan hukum terhadap Merek dan Indikasi Geografis bagi pelaku usaha dan para intelektual di Kabupaten Aceh Jaya, Kakanwil mengajak para pelaku usaha baik secara perorangan maupun badan usaha untuk mendaftarkan segala bentuk merek usaha seperti usaha dagang maupun jasa karena merek sebagai Kekayaan Intelektual mempunyai peran yang sangat srategis dalam menjalankan kehidupan perekonomian, pendaftaran merek dapat memperoleh kepastian hukum dan perlindungan hukum terhadap hak atas kepemilikan merek, kata Meurah Budiman. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!