Peringati World Tree Day, Satgas Yonif Mekanis 643/Wns Gelar Aksi Tanam Pohon di Perbatasan

0

SAMBAS | KILASBERITA.ID – Peringati World Tree Day atau Hari Pohon Sedunia, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti menggelar aksi tanam pohon di wilayah perbatasan. Penanaman pohon dilaksanakan di objek wisata Pantai Camar Bulan, Desa Temajok, Paloh, Sambas.

Pada peringatan World Tree Day kali ini Satgas Yonif Mekanis 643/Wns dari Pos Pamtas Temajok bersama personel Puskesmas, Perangkat Desa, Karang Taruna dan masyarakat menanam bibit pohon Matoa di Pantai Camar Bulan.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., menjelaskan, peringatan Hari Pohon Sedunia bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat dunia tentang pentingnya eksistensi pohon dan berbagai manfaat kehidupan yang diperoleh.

“Latar belakang lahirnya Hari Pohon Sedunia berasal dari gagasan seorang aktivis pecinta alam dari Amerika Serikat, Julius Sterling Morton, yang mengkampanyekan gerakan menanam pohon,” jelasnya.

Baca Juga :  Puluhan Aksi Massa Demo yang Tergabung dalam Forum Kedai Palembang Bersatu (FKPB) Gelar Aksi di Depan Kantor Walikota

Letkol Inf Hendro Wicaksono menyampaikan, pada dasarnya hutan yang dipenuhi banyak pohon, memiliki fungsi sebagai penyerap gas CO2 (Karbondioksida) dan penghasil O2 (Oksigen), juga penyimpan serta penampung air dalam jumlah besar.

“Dengan menanam pohon, kita dapat mengurangi dampak dari pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung), membuat iklim mikro yang baik, serta kualitas udara jadi lebih bersih,” ujarnya.

Danpos Pamtas Temajuk Letda Inf Baso Djufri menambahkan, kegiatan penanaman Pohon Matoa ini merupakan program Satgas Pamtas sekaligus untuk memperingati World Tree Day dengan mengajak elemen masyarakat di sekitar Pos untuk turut serta melestarikan lingkungan.

Baca Juga :  Prada Sevriandi Anggota Satgas Yonif 144/JY Khitan Anak Warga di Perbatasan

“Kegiatan penanaman pohon ini dapat memotivasi siswa, kaum Pemuda Karang Taruna, warga dan perangkat Desa untuk lebih peduli dan cinta alam serta menambah wawasan tentang manfaat dari menanam pohon,” tambahnya.

Sedangkan Riyan selaku Kepala Desa Temajuk sangat mengapresiasi atas kegiatan yang diinisiasi oleh Satgas Pamtas dalam memperingati hari pohon sedunia ini. Menurutnya aksi tanam pohon ini sangat bermanfaat bagi warga dan lingkungan sekitar.

“Terima kasih Satgas Pamtas yang telah mengajarkan kepada kita untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan yang akan berguna bagi anak cucu kita kelak,” ucap Riyan. (Jo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!