6 Cara Membuat Masa Remaja Lebih Berkesan

6 Cara Membuat Masa Remaja Lebih Berkesan

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID -  Masa remaja merupakan masa tingkatan sebelum dewasa, fase dimana seseorang sudah bukan anak-anak lagi, fase dimana merasakan asam pahit kehidupan.

Masa remaja juga masa dimana seseorang selalu ingin mengetahui dan menjelajahi segala hal.

Namun, jika masa remaja tidak diarahkan kepada kegiatan-kehiatan yang positif, maka besar potensi nya dapat merusak masa remaja dan masa depannya.

Berikut ini kami sajikan informasi untuk membuat masa remaja agar lebih berkesan dan positif.

Sebagaimana diberitakan kilasberita.id dari laman yoursay.id, ini 6 cara membuat masa remaja lebih berkesan.

1. Perbanyak relasi

Sebagai makhluk sosial, tentunya saling membutuhkan orang lain dalam menjalani berbagai hal. Manusia tidak akan bisa jika hidup tanpa manusia lainnya. Maka dari itu diperlukannya sosialisasi. Dengan bersosialisasi, tentunya akan memiliki banyak relasi pertemanan. Oleh sebab itu, memiliki banyak teman dan sahabat tentunya akan membuat hati terasa senang dan bahagia.

Dengan berteman juga kita bisa bertukar cerita dan bertukar pikiran, sehingga menjadi hal yang menyenangkan apabila mempunyai banyak relasi pertemanan. Namun, kita harus selektif dalam memilih teman. Bertemanlah bersama orang-orang yang membawamu ke hal-hal positif. Cari teman yang baik dan terus mendukungmu untuk hal-hal yang baik juga.

2. Atur waktu sebaik mungkin

Di usia muda cenderung lebih banyak memiliki waktu luang. Maka dari itu, untuk mengisi waktu luang harus diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat yang nantinya akan berdampak baik bagi masa depan. Misalnya dengan belajar berjualan sambil sekolah, mengosongkan waktu luang untuk membaca buku, atau melakukan hal-hal positif lainnya.

3. Belajar sebaik mungkin

Meskipun pada saat proses belajar terasa membosankan, namun kamu harus terus menjalani pendidikan agar bisa menjadi seseorang yang sukses di masa yang akan datang. Jadilah siswa yang produktif, aktif dan berprestasi di Sekolah dengan menaati perintah Guru, belajar sungguh-sungguh, rajin mengerjakan tugas, serta aktif di kelas maupun aktif dalam berorganisasi. Dengan melakukan hal tersebut, kabar baik akan datang kedepannya, misalnya kamu bisa diterima di kampus impian atau bahkan diterima ditempat kamu melamar kerja.

4. Menabung

Menabung adalah hal yang harus dimulai sedini mungkin. Kita harus membiasakan diri agar dapat menyisihkan uang secara rutin, dengan cara menyisihkan uang kemudian ditabung untuk mengantisipasi kebutuhan yang terjadi di masa mendatang. Dengan menabung, akan lebih menempatkan anda kepada selangkah lebih maju untuk keamanan finansial.

5. Kembangkan hobi

Hobi merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang yang dapat memberikan kebahagiaan kepada setiap orang yang mendalaminya. Daripada waktu luang terbuang sia-sia, maka hobi adalah jawabannya. Dengan menjalankan hobi, akan memberikan kamu pengalaman baru yang berkesan. Banyak sekali jenis hobi yang bisa kamu coba, misalnya basket, futsal, tari, membaca buku, menggambar, dan sebagainya.

6. Berani coba hal baru

Dengan mencoba hal baru, kita menjadi tahu tentang hal-hal apa yang bisa membawa kita menuju kesuksesan. Mungkin pada awalnya kita merasa tidak bisa, tidak mampu, bahkan tidak sanggup melakukan suatu hal, padahal mencobanya saja belum. Meski harus merasakan kegagalan, namun itu bukan berarti akhir dari segalanya. Pada dasarnya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Sukses adalah milik seseorang yang selalu berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.

Maka dari itu, untuk para remaja wajib memanfaatkan masa remajanya untuk mengisi hal-hal yang positif, agar masa remaja yang dijalani menjadi lebih bermakna. Sehingga akan mengantarkan kemasa depan yang lebih terjamin.***


(MG/PUTERA SATYA BIMA SUARGONO)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya