6 Rekomendasi Cara Pengolahan Buah Bit Agar Terhidar Dari Rasa Pahit dan Aroma Langu

6 Rekomendasi Cara Pengolahan Buah Bit Agar Terhidar Dari Rasa Pahit dan Aroma Langu

Smallest Font
Largest Font

 

KILASBERITA.ID - Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka sebagai buah-buahan.

Di dalam buah bit menyediakan nutrisi berupa protein, serat, antioksidan, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan B6. Buah ini juga memiliki kandungan rendah lemak dan kalori yang aman bagi tubuh. Meningkatkan stamina tubuh adalah manfaat yang terjadi berkat kandungan karbohidrat dan protein, serta vitamin dan mineral di dalam buah bit.

Banyak cara untuk menikmati buah bit dan merasakan khasiatnya salah satunya dibuat smoothie atau salad, sesuai selera kalian ada bagian dimana bagian dari buah bit ini agak pahit jadi harus pintar dalam mengolah buah ini.

Maka dari itu KILASBERITA.ID dilansir dari laman Hipwee.com akan merekomendasikasikan cara pengelohan buah bit sesuai selera kalian, simak ya.

1.Smoothie
Kandungan nitrat dalam buah bit berfungsi sebagai senyawa antiinflamasi. Kegunaannya adalah mengurangi peradangan atau kerusakan sel yang biasanya terjadi sehabis olahraga. Dapat dikonsumsi dengan lezat, kamu bisa mengolah buah bit menjadi smoothie lo. Campurkan buah stroberi sebagai sumber karbohidrat. Bagi kamu yang tengah diet, bisa menjajal resep ini juga.

2. Salad
Sebelum membuat salad, iris tipis buah bit terlebih dulu. Gunakan pengiris sayuran agar potongan bit sama tebal. Kemudian bumbui irisan bit dengan minyak zaitun dan garam biar rasanya makin bisa diterima lidah. Selanjutnya, bungkus dengan kertas alumunium foil. Lalu masukkan ke dalam oven sampai matang.

3. Puding
Menjadi makanan pencuci mulut nan menyehatkan, puding buah bit bisa menjadi pilihan. Alih-alih dibuat jus aja, buah bit bisa diolah menjadi puding yang bertekstur lembut. Nggak cuma orang dewasa, anak-anak bakal suka.

4. Donat Buah Bit
Diolah menjadi donat, aroma kurang sedap buah bit akan hilang. Donat buah bit menjadi altenatif lain untuk kamu yang doyan ngemil nih. Nggak cuma kenyang, kamu pun bisa memperoleh beragam manfaat buah bit di dalamnya. Donat ini dinilai lebih sehat dan kaya nutrisi dibandingkan donat dengan berbahan kentang, tepung terigu, atau singkong.

5. Sup Wortel Buah Bit
Resep sup yang mengabungkan wortel dan buah bit ini sepertinya cocok untuk bumil. Banyak manfaat buah bit untuk ibu hamil mulai dari mengurangi risiko cacat lahir, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai mencegah pembengkakan. Bila nggak suka rasa asli buah bit, kamu bisa olah menjadi sup.

6. Sup Ayam Buah Bit
Buah bit dan ayam menjadi bahan utama resep kali ini. Dengan resep ini, rasa pahit dan aroma tanah dari buah bit dipastikan nggak ada.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cara pengeolahan buah bit dijamin terhindar dari rasa pahit dan aroma tanahnya, pastie nak dan sesuai selera kalian, selamat mencoba.***

(MG/Eisha Abi Muhammad)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya