Aliansi Masyarakat Bogor Barat untuk Pemekaran (Amuk Bobar) desak Moratorium DOB Dicabut

Aliansi Masyarakat Bogor Barat untuk Pemekaran (Amuk Bobar) desak Moratorium DOB Dicabut

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Aliansi Masyarakat Bogor Barat untuk Pemekaran (Amuk Bobar) gelar aksi unjuk rasa di depan kampus IPB University, Dramaga pada, Selasa (24/09/2024).

Aksi unjuk rasa Amuk Bobar mendesak untuk pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB), Ketua Komite Percepatan Pemekaran Kabupaten Bogor Barat (KPPKBB), Yana Nurheryana, menjelaskan bahwa ini digelar sebagai respons atas sikap pemerintah yang dinilai kurang memperhatikan permasalahan masyarakat.

"“Sebetulnya, tuntutan ini bersifat konstitusional. Kami merasa pemerintah selama ini abai terhadap hak-hak rakyat, padahal undang-undang jelas menyatakan bahwa kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum adalah hak warga negara. Pemekaran wilayah adalah salah satu upaya agar hak-hak tersebut bisa terpenuhi secara merata,” jelas Yana.

Pelayanan publik yang tidak merata disebabkan oleh kepadatan penduduk dan luasnya daerah Kabupaten Bogor menjadi dasar bahwa pemekaran Bogor Barat harus segera dilangsungkan.

“Faktanya, setelah puluhan tahun, warga Bogor Barat belum pernah mendapatkan pelayanan yang merata,” tambah Yana.

Tak hanya itu, Yana juga menyampaikan bahwa jika tuntutan ini tidak direspons oleh pemerintah pusat, pihaknya akan kembali menggelar aksi dengan jumlah massa yang lebih besar.

“Kami akan mencari cara lain, dan jika perlu, kami akan mengadakan aksi yang lebih besar lagi,” tegasnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya