Anak Kos Wajib Tau! 5 Cara Hidup Hemat

Anak Kos Wajib Tau! 5 Cara Hidup Hemat

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi tentang 5 cara agar bisa hidup hemat, khususnya bagi para anak kos.

Pasalnya, menjadi anak kosan seringkali sulit untuk mengatur keuangan untuk menekan pengeluaran agar tidak boros.

Hidup hemat perlu diterapkan oleh semua orang khususnya orang yang memilih untuk nge-kos. Hal ini bertujuan apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka anak kos masih memiliki uang yang bisa digunakan.

Akan tetapi, kini kalian tidak perlu khawatir, berikut 5 cara hidup hemat.

1. Pisahkan antara uang kebutuhan pokok, kuliah, dan uang darurat

Memisahkan uang ini perlu dilakukan supaya kamu bisa meminimalisir pengeluaran dan membeli kebutuhan pokok secukupnya. Hal ini juga berguna supaya kamu punya batasan untuk mengeluarkan uang. Tidak perlu memisahkan uang tersebut ke rekening yang berbeda, kamu cukup tulis dan pantau terus pengeluaranmu.

2. Batasi makan di luar dan sering nongkrong

Setiap mahasiswa pasti merasa senang bisa nongkrong di cafe bersama teman-temannya. Hal ini boleh saja dilakukan asal jangan sering. Kamu juga harus mengerti kondisi ekonomimu yang berbeda dengan temanmu.

3. Kurangi foya-foya dan simpan uangmu untuk ditabung

Apabila kamu semasa sekolah bisa membeli sesuatu yang kamu inginkan tanpa memikirkan uang, rupanya kalau nge-kos kamu harus stop kebiasaan buruk itu. Kurangi foya-foya dan mulailah berhemat supaya uangmu bisa ditabung.

4. Jangan selalu meng-iya-kan ajakan teman untuk melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan uang

Kamu juga harus bisa mengatur jadwal kegiatan dan pengeluaran kamu. Kamu boleh saja meng-iya-kan ajakan teman untuk main bareng. Tapi apabila terlalu sering juga akan berdampak buruk bagi finansialmu.

5. Beli barang yang berkualitas dan pahami perbedaan antara kebutuhan atau keinginan

Selama nge-kos kamu perlu membeli barang yang berkualitas agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Kamu harus bisa membedakan antara keinginan atau kebutuhan dalam hidupmu. Jangan sampai kamu terlena untuk memenuhi segala keinginan yang bertujuan untuk kesenangan semata.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya