Ancaman Boikot Ukraina Terhadap Olimpiade 2024 jika Atlet Rusia Dapat Izin Tampil

Ancaman Boikot Ukraina Terhadap Olimpiade 2024 jika Atlet Rusia Dapat Izin Tampil

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Olimpiade 2024 akan dihelat di Paris, Perancis, pada 26 Juli sampai 11 Agustus tahun depan.

Olimpiade ini adalah ajang olahraga internasional yang diadakan 4 tahun sekali tersebut mendapat ancaman boikot dari Ukraina jika atlet Rusia dan Belarusia mendapatkan izin tampil.

Atlet Rusia dan Belarusia sebetulnya disingkirkan dari sebagian besar kegiatan olahraga Olimpiade sejak menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu.

Namun, Komite Olahraga Internasional (IOC) sedang memikirkan beberapa cara yang bisa membuat atlet dari dua negara tersebut ambil bagian dalam helatan Olimpiade Paris.

"Situasi seperti itu tidak bisa diterima oleh negara kami," kata Menteri Olahraga Ukraina Vadim Goutzeit sebagaimana dikutip AFP, Jumat 27 Januari 2023.

Goutzeit menyebut, saat uni Kyiv menekan IOC dan organisasi-organisasi internasional lainnya agar memasang larangan atlet Rusia dan Belarusia untuk tampil.

“Posisi kami tetap tak berubah bahwa selama perang berlanjut di Ukraina, atlet-atlet Rusia dan Belarusia tak boleh mengikuti kompetisi-kompetisi internasional,” tulis Goutzeit dalam akun Facebook.

"Jika kami tidak didengar, maka saya tidak mengecualikan kemungkinan kami akan memboikot dan menolak turut serta dalam Olimpiade Paris," tutupnya.***

MG / Zul Farhan

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya