Ancaman Hukuman Bagi Manchester City Jika Terbukti Bersalah

Ancaman Hukuman Bagi Manchester City Jika Terbukti Bersalah

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Manchester City menghadapi ancaman yang serius dari pihak Liga Primer Inggris.

Tim asuhan Pep Guardiola tersebut didakwa telah melakukan 100 pelanggaran aturan finansial sejak tahun 2008.

Aturan Finasial merupakan peraturan yang ada dalam dunia sepak bola, aturan ini guna untuk menyehatkan finansial di tim-tim Eropa dan agar tidak terjadi ketimpangan antar tim.

Melalui aturan finasial, setiap tim di Eropa wajib menyeimbangkan neraca keuangan mereka, sebelum mereka melakukan belanja pemain.

Karena jika teledor atau tidak sesuai rencana keungan, maka tim tersebut bisa melanggar aturan finansial, yang bisa menghukum tim tersebut.

Seperti hal nya yang diterima tim asal Inggris, Manchester City. Jika Manchester City terbukti melanggar aturan finasial, Manchester City bakal menerima hukuman.

Berikut hukuman yang bakal diterima Manchester City jika terbukti bersalah:

1. Pengurangan Poin

Salah satu hukuman yang bisa diterima Manchester City jika terbukti palsukan laporan keuangan adalah pengurangan poin.

Sanksi ini bisa membuat The Citizens -julukan Man City- terjun bebas di klasemen Liga Inggris. Saat ini Man City berada di peringkat kedua klasmen Liga Inggris dengan mengoleksi 45 poin dari 21 pertandingan.

2. Larangan Transfer

Baca Juga: Anggota Geng Motor Minta Rokok, Habis Dikasih Malah Tebas Leher Korban

Kemudian, Man City juga dinilai bisa dihukum larangan transfer buntut dari kasus pemalsuan keuangan. Hukuman ini sudah pernah dirasakan klub elite Inggris, Chelsea.

Chelsea pernah mendapat larangan dari FIFA untuk mendatangkan pemain baru pada dua jendela transfer, yakni musim panas 2019 dan musim dingin 2020. Hukuman ini diberikan akibat aktivitas ilegal Chelsea dalam perekrutan pemain akademi U-18

3. Pencabutan Gelar Juara Sebelumnya

Selanjutnya, hukuman yang bisa diberikan kepada tim asuhan Pep Guardiola itu adalah pencabutan gelar juara sebelumnya. Gelar juara yang terancam dicabut adalah gelar Liga Inggris yang diraih dalam kurun 2009-2010 hingga 2017-2018.

Dalam kurun waktu di atas, The Citizens sukses meraih 3 gelar juara, yakni pada musim 2011-2012, 2013-2014, dan 2017-2018. Jika benar dicabut, gelar tersebut bakal diberikan kepada tim yang finis sebagai runner-up, yakni ada Manchester United hingga Liverpool.

4. Keluar dari Liga

Terakhir, hukuman yang menanti Man City adalah keluar dari Liga Inggris. Hukuman ini pun bisa jadi yang terberat bagi Man City.

Ya, Komisi Independen dikabarkan bisa menyampaikan rekomendasi untuk mengeluarkan Manchester City dari Liga Inggris.

Jika benar terjadi, Man City bisa sangat dirugikan, apalagi kiprah mereka sedang bagus-bagusnya di ajang tersebut dalam beberapa musim terakhir.***

(MG/Eko Wahyu)

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya