Bingung Buat Surat Lamaran? Berikut cara membuat surat lamaran yang wajib kamu ketahui!

Bingung Buat Surat Lamaran? Berikut cara membuat surat lamaran yang wajib kamu ketahui!

Smallest Font
Largest Font


KILASBERITA.ID - Teman-teman, setelah lulus sekolah atau kuliah nanti, sebagian besar di antara kamu pasti memutuskan untuk bekerja. Kamu akan melamar pekerjaan sesuai dengan passion-mu di perusahaan yang kamu inginkan.

Nah, ketika kamu akan melamar pekerjaan, tentu kamu butuh yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan. Surat ini berisi permohonan untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Kamu tahu nggak, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu poin penting yang bisa menentukan lolos tidaknya kamu ke tahap berikutnya, loh! Oleh sebab itu, cara membuat surat lamaran kerja nggak boleh asal.

Kamu harus menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar dan efektif supaya peluang diterima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar.

Pertama , jika kamu membuat surat lamaran untuk pekerjaan, magang, untuk kuliah, atau untuk kesempatan lamaran lainnya, terkadang akan ada deskripsi atau petunjuk tentang apa yang diharapkan dalam surat tersebut.

Kamu mungkin perlu menjelaskan soal kesiapan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilamar, kualifikasi kamu, atau kriteria khusus lainnya.

Kedua, jelaskan mengapa tujuan kamu melamar di paragraf pertama.

Dua kalimat pertama harus menjelaskan tujuan surat lamaran kamu dengan jelas.

Jika tidak, maka lamaran kamu akan kalah bersaing dengan lamaran kandidat lainnya.

Ketiga, susun surat lamaran dengan sebab dan akibat.

Surat lamaran harus menjelaskan kepada calon pemberi kerja atau dewan penerimaan mengapa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi itu, atau mengapa Kamu harus diterima di universitas atau program yang kamu lamar.

Untuk melakukan ini, kamu perlu memastikan setiap surat lamaran menjelaskan apa yang kamu tawarkan dan bagaimana hal itu akan membantu memenuhi kebutuhan kedua pihak.

Pastikan semua surat lamaran menggambarkan detail sebagai berikut dengan jelas.

Contohnya, penjelasan singkat soal siapa Kamu dan dari mana kamu berasal dan bagaimana peluang ini berpotensi membantu kamu mencapai tujuan yang diinginkan.

Pada bagian penutup surat, kamu bisa jelaskan bahwa kamu memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih, ya. Contohnya.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat.

Saya harap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci di tahapan berikutnya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Oke, gimana nih, teman-teman? Sudah jelas ya tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan efektif.

Sekarang, untuk bahan latihan, coba deh iseng-iseng kamu cari lowongan pekerjaan di internet, lalu kamu buat surat lamaran pekerjaannya.***

(MG / Huda Yuda Fatah)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya