Bingung Mau Nongkrong Dimana? Inilah Rekomendasi Taman Di Kota Bogor

Bingung Mau Nongkrong Dimana? Inilah Rekomendasi Taman Di Kota Bogor

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Kota Bogor memang tidak pernah kehilangan pesonanya. Walaupun tergolong bukan kota besar, banyak hal yang bisa dipersembahkan oleh kota hujan ini bagi warga dan wisatawan. Satu di antara pesona tersebut adalah banyak ditemukan taman di Bogor yang tidak kalah indahnya dibanding kota-kota besar.

Bagi Anda yang hendak mengisi waktu akhir pekan di Bogor, berikut rekomendasi kami tentang 7 taman di Bogor yang wajib dikunjungi selain Kebun Raya Bogor. Dan tak perlu khawatir jika tidak ingin membawa bekal karena di sekitar taman yang ingin Anda kunjungi selalu ada restoran atau penjaja kuliner khas.

Inilah daftar beberapa taman yang ada di bogor :

1. Taman Sempur
Taman Sempur merupakan salah satu taman di Bogor yang memberikan alternatif kegiatan luar ruang bagi warga Kota Bogor. Lokasinya yang tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan terletak di dekat permukiman penduduk membuat ruang hijau terbuka yang ikonik ini selalu dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga maupun teman-teman.

Taman Sempur sempat mengalami beberapa kali proses revitalisasi, maka tak heran jika kini nampak indah dan asri. Taman ini juga dijadikan tempat rekreasi terdekat oleh masyarakat Bogor di tengah kepenatan.

Taman yang berbatasan langsung dengan sungai Ciliwung ini dilengkapi jogging track berbahan sintetis serta taman-taman tematik di sekelilingnya untuk mengakomodasi komunitas anak muda, seperti skate park, panjat tebing, dan lapangan basket. Hamparan rumput hijau di tengah taman turut menambah daya tarik tersendiri.

Lokasi : Jl. Sempur, Kec. Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

2. Taman Cipaku
Jika merasa penat akibat rutinitas harian yang padat, jangan ragu untuk melangkahkan kaki ke Taman Cipaku untuk menghabiskan waktu. Salah satu taman di Bogor ini tergolong punya sarana lengkap, di antaranya lapangan futsal, parkir sepeda, bangku taman, pergola, gazebo, dan tentunya toilet yang representatif.

Tak hanya lapangan futsal, di Taman Cipaku juga terdapat ring basket guna memfasilitasi pengunjung yang hobi main basket. Sementara untuk anak-anak, disediakan arena bermain lengkap dengan peralatan main, seperti serodotan, jungkat jungkit, sampai dengan ayunan anak. Satu lagi, di sini Anda bisa memanfaatkan outdoor gymnastic untuk melatih fisik.

Setiap hari, ada saja warga yang bersantai di Taman Cipaku. Maklum saja, taman di Bogor yang dibangun melalui program Pengembangan Kota Hijau dari Kementerian Pekerjaan Umum ini dikelilingi oleh pemukiman penduduk dan fasilitas pendidikan, mulai usia dini hingga sekolah menengah. Terlebih lagi pada weekend, Taman Cipaku dipadati oleh warga Kota Bogor.

Lokasi : Kompleks Perumda, Kec. Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat

3. Taman Corat - Coret
Anda pencinta seni lukis, grafiti, atau mural? Cocok, deh, kalau menyempatkan diri mampir ke Taman Corat-Coret. Letaknya yang cukup strategis serta akses yang mudah dijangkau dari pusat kota menjadi pertimbangan mengapa Anda harus datang ke taman di Bogor yang satu ini.

Taman Corat-Coret menempati kawasan seluas 440 meter dengan keunikan tersendiri dibanding taman pada umumnya. Di sini, Anda bisa berkreativitas menyalurkan inspirasi seni yang berkaitan grafiti ataupun mural.

Ya, Pemerintah Kota Bogor menyediakan taman ini sebagai sarana bagi masyarakat yang ingin mengekspresikan bakat melukisnya. Selain itu, Taman Corat Coret dibangun untuk mengurangi aksi vandalisme di tembok-tembok yang ada di kota Bogor.

Terdapat banyak hasil karya lukisan dan grafiti yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Taman Corat-Coret. Tidak hanya itu, para pengunjung yang memiliki karya pun boleh menambah koleksi taman tersebut.

Dengan segala keunikannya, rasanya layak untuk memasukkan taman di Bogor ini sebagai tujuan piknik di akhir pekan. Apalagi di sekitar taman juga terdapat beragam restoran yang menyajikan kuliner untuk mengobati rasa lapar dan haus setelah berputar-putar di taman.

Lokasi : Jl. Pandu Raya, Kec. Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat

Baca Juga: Lampung Dinobatkan Jadi Pantai Terkotor No. 2 Versi Pandawara

4. Taman Heulang
Keberadaan Taman Heulang melengkapi Bogor sebagai kota sejuta taman. Taman di Bogor ini salah satu yang layak dikunjungi oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Pasalnya, di sini para pengunjung bisa menghirup segarnya udara Kota Bogor sambil menyaksikan keindahan taman yang ditanami pepohonan rindang.

Taman Heulang didesain dengan tema kekinian, seperti warna-warni yang menghias jalanannya lengkap dengan pesona beberapa jenis bunga. Selain deretan bangku taman untuk bersantai, tersedia juga lintasan jogging, gazebo, toilet, dan ruang serbaguna untuk diskusi.

Lebih dari itu, taman ini masih dilengkapi dengan sambungan jaringan Wi-Fi serta park ranger yang akan menjamin keamanan para pengunjung. Nah, ingin “menghilang” sejenak melepas penat? Kembalikan mood Anda, di sini.

Lokasi : Jl. Heulang, Kec. Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat

5. Taman Eco Art Park
Eco Art Park Sentul, sebuah taman di Bogor yang menghadirkan ragam fasilitas menyenangkan. Meski taman ini berada di perumahan Sentul City, namun boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Apalagi lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota Jakarta, maka tidak hanya warga Bogor yang senang berkunjung ke Eco Art Park Sentul.

Eco Art Park Sentul sering disebut sebagai Taman Energi Eco Park yang mengusung konsep green property. Eco Art Park diartikan sebagai Taman Seni Dan Ekologi. Eco yang berarti konsep ramah lingkungan dan Art berarti seni yang berupa keberadaan beberapa patung di dalamnya.

Taman ini terbagi atas dua wilayah utama, yaitu taman ilmu pengetahuan (science garden) dan taman patung (sculpture garden). Layaknya sebuah taman, Eco Art Park Sentul ditanami pepohonan yang rimbun guna menghadirkan udara yang bersih dan segar. Kemudian, ada satu jembatan yang cukup artistik menghias taman ini.

Dari atas jembatan, pengunjung bisa melihat pemandangan yang indah, salah satunya taman ilmu pengetahuan, sebuah wahana edukasi untuk anak-anak. Taman di Bogor ini dilengkapi parabola berwarna-warni yang memiliki dua sisi.

Lokasi : Desa Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat

6. Taman Kencana
Kalau ingin menikmati kesejukan taman di Bogor yang lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya, arahkan tujuan Anda ke Taman Kencana. Area terbuka hijau yang satu ini tergolong cukup keren dan memiliki daya tarik untuk dijadikan tempat piknik maupun sekadar bersantai.

Pasalnya, Taman Kencana selalu dikaitkan dengan sejarah dimulainya pengembangan Kota Bogor (waktu itu masih disebut dengan Buitenzorg) pada masa penjajahan Belanda. Tidak heran jika di sekitar taman ini banyak ditemui bangunan-bangunan bergaya Indo-Eropa yang salah satu cirinya beratap miring.

Suasana sejuk langsung “menyapa” para pengunjung yang baru menjejakkan kaki di Taman Kencana. Hal ini dikarenakan pohon-pohon nan rimbun yang memenuhi area taman.

Desain taman yang indah berpadu dengan deretan bangku-bangku yang nyaman, membuat siapa pun yang dayang ke sini akan betah untuk berlama-lama. Bagi yang ingin berolahraga ringan seperti jogging, tenang saja, Taman Kencana juga dilengkapi jogging track yang cukup memadai.

Selain sebagai tempat nongkrong yang seru, Taman Kencana juga terkenal dengan kulinernya. Bukan hanya warga Bogor saja yang datang ke Taman Kencana, mereka yang dari luar Bogor pun menyempatkan singgah ke sini. Yuk, kita buktikan daya tarik dari taman di Bogor yang satu ini.

Lokasi : Jl. Taman Kencana, Kec. Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.***

(MG/M.Malikal.Mulki)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya