Cara Kerja Rem ABS Pada Motor Matic

Cara Kerja Rem ABS Pada Motor Matic

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Jenis sepeda motor skuter matic banyak diminati masyarakat Indonesia, karena pengoperasiannya yang mudah dan dilengkapi berbagai fitur yang ada dalam sepeda motor tersebut.

Salah satu fitur yang ada di skuter matic tersebut adalah pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Tapi fitur pengereman ABS ini diaplikasikan pada skuter matic premium, yang harganya lebih mahal.

Keunggulan dari pengereman sistem ABS ini adalah, memungkinkan pengguna motor tidak tergelincir ketika melakukan rem secara mendadak.

Mengutip Kompas.com, Danang Priyo Kumoro selaku Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, mengatakan jika sistem kerja pengereman ABS ini sangat cepat dan mengandalkan sensor putaran roda.

“Saat roda mulai mengunci, ABS modulator akan mengurangi tekanan fluida sehingga rem akan terbebas untuk mempertahan traksi atau grip roda dengan permukaan jalan," 

"Setelah penguncian roda berkurang, ABS modulator kembali menaikan tekanan fluida untuk mengembalikan gaya pengereman, peristiwa ini terjadi berulang-ulang dalam kurun waktu sepersekian detik.

Proses pengereman ABS terjadi secara otomatis karena menggunakan sistem elektronik yang membuat akurasinya menjadi lebih baik dibanding dengan mengocok tuas rem biasa secara manual.

Jadi wajar saja jika skuter matic yang dilengkapi dengan fitur pengereman ABS dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan motor matic yang tidak dilengkapi dengan fitur ABS ini.***

(MG/ Eko Wahyu)

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya