Catat! 8 Dampak Buruk Akibat Keramas Setiap Setiap Hari: Rambut Rontok Hingga Botak

Catat! 8 Dampak Buruk Akibat Keramas Setiap Setiap Hari: Rambut Rontok Hingga Botak

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Berikut ini kami sajikan informasi tentang dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat keramas setiap hari.

Banyak orang merasa dengan mencuci rambut setiap hari dengan keramas dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ada dampak keramas setiap hari yang bisa mengakibatkan rambut lebih mudah rusak sehingga menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan.

Adapun, keramas terlalu sering akan menghilangkan sebum, yaitu minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala.

Sebagaimana diberitakan kilasberita.id dari laman liputan 6, berikut dampak yang ditimbulkan akibat keramas setiap hari.

- Mengurangi minyak rambut alami

Saat mencuci rambut setiap hari, maka sangat berpotensi mengurangi minyak rambut secara alami. Umumnya kulit kepala memiliki minyak alami, yang berperan baik dalam menjaga kesehatan rambut. Jika Anda terlalu sering keramas, minyak akan berkurang dan rambut akan menjadi kusam serta kehilangan kilau alaminya.

- Memudarkan warna rambut

Rambut memiliki lapisan kutikula, yang berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan warnanya. Mencuci rambut terlalu sering, bisa membuatnya tidak terlindungi dan warnanya akan memudar seiring berjalannya waktu. Selain itu, jika Anda mewarnai rambut, warnanya akan cepat pudar.

- Kusam dan kering

Menggunakan produk-produk seperti shampo, kondisioner, masker, dan lain sebagainya yang terbuat dari bahan kimia, jika produk tidak cocok dengan kulit, maka Anda akan mengalami alergi pada kulit kepala. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami.

- Mengganggu pertumbuhan rambut

Shampo memang bermanfaat untuk membersihkan dan melembutkan rambut, namun pada kulit kepala terdapat kelenjar sebaceous (sebum) yang berperan penting dalam menyuburkan kulit kepala agar rambut tumbuh sehat. Maka biasanya penggunaan shampo yang berlebihan, akan mengikis sebum di kulit kepala. 

- Memudar tekstur dan kilau

Dampak yang bisa ditimbulkan akibat mencuci rambut setiap hari, akan menghilangkan tekstur alami dan kilau rambut lebih cepat, sehingga membuatnya terlihat kusam.

- Kulit kepala menjadi kering

Mencuci rambut cenderung membantu kulit kepala tetap sehat, serta mencegah gatal dan mengelupas. Namun jika sering-sering dilakukan, dapat menyebabkan kurangnya kelembapan pada kulit kepala karena dapat menghilangkan sebum alami yang dimiliki oleh kulit kepala. 

- Mengalami ketombe

Ketombe juga bisa terjadi, ketika kulit kepala kering dan mulai mengelupas. Keramas dapat menghilangkan ketombe, tetapi tidak mencuci rambut secara berlebihan. Bahkan, ketombe yang parah juga bisa melemahkan atau menyebabkan rambut menipis.

- Kerusakan rambut

Karena mencuci rambut terlalu sering, dapat membuat rambut Anda kering, hal itu dapat membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Jika ada helaian rambut pendek yang keluar saat menyisir rambut, maka Anda tentu mengalami kerusakan rambut.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya