Catat! Inilah Cara Membedakan Batu Granit yang Asli dan Palsu

Catat! Inilah Cara Membedakan Batu Granit yang Asli dan Palsu

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Video bersumber dafi tiktok ini berhasil mengegerkan warga net. Bagaimana tidak netizen baru saja pertama kali melihat proses penbambilan granit dari alam. Granit merupakan jenis batu yang memiliki tekstur keras, kuat dan tahan lama. Tak heran jika harga batu ini tergolong sangat mahal.

Biasanya granit untuk berbagai bangunan, granit digunakan dalalm sebuah interior dan eksterior seperti ubi lantai atai paving. Ini ciri granit yang asli :

pertama, Granit asli memiliki motif sempurna sehingga nggak ada cacat atau goresan yang ada di lapisannya. Berbeda dengan KW yang mempunyai kecacatan seperti bintik-bintik kecil serta pori-pori granit yang lebar. Untuk ini, harus lebih fokus saat memeriksa dan walaupun tampak dari luar cukup jelas, tetap harus memastikannya dengan baik. Indikasi lain yang menunjukkan adalah dari noda atau kotoran.

Kedua, Granit yang asli sangat kuat dan baik dalam ketahanannya dan nggak gampang tergores. Selain itu, tampilannya juga sangat mengkilap. Cirinya tersebut berbeda dengan granit KW yang beberapa memiliki permukaan cembung dan ketahanannya pun kurang.

Ketiga, granit yang asli terasa sangat berat dan sangat kokoh. Cobalah untuk mengangkatnya Keempat, Warna yang dimiliki granit asli ada banyak dan bervariasi sekaligus menarik. Pastinya, terdapat perbedaan dari kualitas granit asli dan KW yaitu pada ketajamannya. Granit asli mempunyai warna yang tajam dan sempurna. Jauh berbeda dengan granit KW yang warnanya nggak cukup bagus. Bahkan ada yang dengan ketajaman sangat kurang dan terdapat cela di beberapa bagiannya.

Granit asli adalah batu alam, jadi urat di permukaan dan warnanya nggak seratus persen sama persis. Warna pada granit asli juga terlihat lebih natural. Tingkat ketajamannnya memang tinggi tapi bukan seperti warna buatan yang sangat mencolok. Kerapatannya yang bagus membuat granit asli seluruhnya tertutupi warna yang indah.

Sebagai konsumen yang bijak, sebaiknya kamu hindari yang demikian. Sudah jelas kalau granit asli dibanderol harganya lumayan tinggi dan bahkan sangat tinggi untuk beberapa jenisnya. Jangan tergiur penawaran dengan harga rendah.

Maka dari itu pastikan granitnya asli supaya tahan lama nanti jika kamu pakai. Nggak perlu terburu-buru karena kualitas bagus akan memberikan timbal baik yang baik.***

(MG/FarhanahHuwaida)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya