Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Tiga Kegiatan Internasional TAFISA, Gema Sasmita: "Resolusi Bersejarah untuk Olahraga Masyarakat ASEAN!"

Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Tiga Kegiatan Internasional TAFISA, Gema Sasmita: "Resolusi Bersejarah untuk Olahraga Masyarakat ASEAN!"

Smallest Font
Largest Font

Balikpapan, 10 Oktober 2024 - Indonesia baru saja mencatatkan sejarah baru di dunia olahraga masyarakat. Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sukses menjadi tuan rumah tiga kegiatan internasional The Association For International Sport for All (TAFISA) sekaligus, yaitu TAFISA World Walking Day (TWWD) yang di hadiri 15.000 an peserta berjalan kaki di Lapangan Merdeka Kaltim, TAFISA Southeast Asian Sport For All Forum (TSAF) di hadiri 6 negara, dan TAFISA Leadership Workshop (TLW) pada 6-8 Oktober 2024.

Suksesnya acara ini tak lepas dari kerja keras dan kolaborasi apik berbagai pihak dibawah pimpinan Dubes Semuel Samson sebagai Chairman Commite nya, mulai dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kota Balikpapan, Kemenpora, Kemenko PMK, Kemenlu, KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Nasional dan Kalimantan Timur, hingga TAFISA HQ di Frankfurt, dan TAFISA Asian HQ di Korea Selatan.

Gema Sasmita, Ketua Umum Gerakan Relawan Olahraga Nasional yang juga menjabat sebagai Pengurus Pusat KORMI Nasional, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kesuksesan acara ini. "Ini adalah sebuah resolusi bersejarah, inisiatif yang terlahir di Balikpapan, untuk menjadikan Indonesia poros utama olahraga masyarakat nasional dan pemimpin di kawasan ASEAN," ujar Gema Sasmita dengan penuh semangat.

Lebih lanjut, Gema Sasmita menegaskan pentingnya memperkuat spirit olahraga masyarakat di regional ASEAN bersama anggota TAFISA lainnya. "Melalui olahraga masyarakat, kita bangun masyarakat yang sehat, bugar, bermental juara, serta mempererat persaudaraan antar negara di kawasan ASEAN," tambahnya.

Hayono Isman, Ketua Umum KORMI Nasional yang juga mantan Menpora RI tahun 1993–1998, turut memberikan pernyataan. "Keberhasilan Balikpapan menjadi tuan rumah tiga event internasional TAFISA sekaligus membuktikan Indonesia mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga bertaraf internasional. Ini momentum penting untuk mempromosikan olahraga masyarakat Indonesia di kancah dunia," ungkap Hayono Isman.

Forum TAFISA di Balikpapan juga menjadi ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman antar negara ASEAN dalam mengembangkan olahraga masyarakat. Diharapkan, forum ini dapat menghasilkan program-program konkret untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam olahraga rekreasi dan menjadikan ASEAN sebagai role model olahraga masyarakat di dunia.

Dengan semangat dan komitmen bersama, Indonesia siap mewujudkan resolusi bersejarah dari Balikpapan untuk menjadi pemimpin olahraga masyarakat di ASEAN dengan agenda-agenda besar kedepanya di Kalimantan Timur. -Red

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Atik Koswara Administrator

Populer Lainnya