Jadikan Bulan Ramadan Momentum untuk Menjadi Lebih Baik

Jadikan Bulan Ramadan Momentum untuk Menjadi Lebih Baik

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Setiap kita tentunya menginginkan kebaikan dan ingin menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sebab memang setiap mu’min dituntut untuk selalu menjadi lebih baik jika ingin dikatagorikan orang yang beruntung. Dalam sebuah hadits dikatakan :

من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل أمسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من أمسه فهو ملعون

“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Dibulan Ramadan, suasana beribadah menjadi sangat bergairah. Kaum muslimin diberbagai penjuru dunia menyambut bulan suci ramadhon ini dengan gembira, karena Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan dibulan ini yakni balasan pahala yang melimpah dibandingkan bulan lainnya selama satu tahun.

Dengan segala kebaikan yang ada dibulan ini, kemudian mendorong semangat beribadah menjadi lebih baik dan setiap orang yang menjalankan puasa berupaya agar puasanya dapat diterima dengan selalu menjaga sikap dan lisannya.

Kita dapat menyaksikan disekeliling kita perubahan kebiasaan dibulan Ramadhan yang jarang atau bahkan tidak terjadi dibulan lain selain di bulan Ramadhan, diantaranya :

1. Sholat malam (Tarawih dan witir)
Bahkan untuk sebagian besar orang yang jarang melaksanakan sholat malam, dibulan romdhon mereka melaksanakannya.

2. Taddarus / Tilawah Al-Qur’an
Taddarus Al-qur’an jarang kita dapati di masjid-masjid dengan semarak kecuali dibulan ramadhon, bahkan para ulama membiasakan mengisi bulan Ramadhan dengan sebanyak-banyaknya berinteraksi dan mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an di bulan ramadhon.
3. Bersedekah

Diantara kebiasaan baik lainnya adalah bersedekah, banyak dari kaum muslimin lebih banyak mengeluarkan sedekah dibulan suci Ramadhon, karena bersedeksh dibulan ini memiliki keutamaan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. dengan berbagai bentuk sedekah termasuk sedekah makanan untuk ta’jil di masjid-masjid atau di jalan raya untuk menyediakan berbuka bagi yang sedang dalam perjalanan.

4. Mengkaji Ilmu agama
Diberbagai tempat, dimasjid-masjid, majlis ta’lim dan lainnya dilaksanakan berbagai program kajian, kultum ba’da tarawih, kuliah subuh, pesantern kilat dan bentu kajian lainnya dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhon.

5. Banyak Berod’a
Sebagian orang menjadikan bulan Ramadhan ini, sebagai momen untuk berdo’a kepada Allah SWT, karena do’a orang yang berpuasa adalah do’a yang mustajab, apatah lagi berpuasa dibulan Ramadhan, maka saat Ramadhan inilah waktu yang sangat tepat memohonkan hajat kita kepada Allah SWT.

6. Menjaga lisan dan Sikap
Setelah berlapar dahaga seharian dan dilaksanakan sebulan penuh, tentu kita tak akan rela jika puasa kita tidak menhasilkan apa-apa melainkan lapar dan dahaga saja, sehingga orang yang berpuasa akan senantiasa menjaga sikap dan lisannya agar puasa yang dilakukannya mendapat limpahan pahala dari Allah SWT
Dan masih banyak lagi kebiasaan baik lainnya yang sangat intens dilakukan dibulan Ramadhan. Sehingga Ramadhan dapat menjadi momentum untuk setiap kita menjadi lebih baik. Caranya tentu dengan membawa kebiasaan baik kita selama bulan Ramadhan untuk dilaksanakan di luar Ramadhan.***

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya