Jelang Libur Nataru 2024/2025 IAS Grup Buka POSGABNAS Dalam Rangka Tingkatkan Pelayanan
kilasberita.id, TANGERANG BANTEN- Dalam rangka Persiapan Pelayanan Menjelang Nataru Tahun 2024 dan 2025 InJourney Aviation Services (IAS) selaku sub- holding dari InJourney resmi membuka Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS), di APSpace, Soekarno-Hatta Airport Terminal 3 Domestik, Tangerang Jumat, (13/12/2024).
Hadir dalam acara tersebut: Direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Direksi PT Angkasa Pura Indonesia, Direksi IAS Group, Direksi PT Garuda Indonesia, Direksi PT Citilink Indonesia, dan Direksi PT Pelita Air Service.
Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) IAS Group akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2024 – 5 Januari 2025 secara serentak di 11 (sebelas) bandara yakni bandara region 1 (KNO, TKG & PDG), bandara region 2 (CGK & BPN), bandara region 3 (DPS, SUB, YIA & KOE), dan bandara region 4 (UPG, MDC & DJJ). POSGABNAS dibentuk dalam rangka mensinergikan dan mengkolaborasikan entitas yang ada di dalam IAS Group agar dapat meningkatkan layanan kepada pengguna Jasa Bandara dan Airlines.
Fungsi utama pembentukan POSGABNAS adalah pemantauan kondisi pelayanan di setiap bandara secara real time, termasuk lalu lintas udara, proses penumpang, bagasi, kargo, dan fasilitas bandara lain melalui data center tools berbasis digital seperti Manajemen Operasi Traffic (MOT), Cargo Integrated System (CIS), Gapura Integrated System (GIS), dan Baggage Delivery Time (BDT) serta berfungsi sebagai pusat komunikasi krisis apabila terjadi situasi darurat atau krisis dan memantau feedback dari customer melalui saluran keluhan pelanggan yang ditempatkan di setiap titik layanan.
Direktur Utama InJourney Aviation Services (IAS), Dendi Danianto memaparkan, Untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, pihaknya telah mempersiapkan Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) IAS Group untuk memastikan kelancaran arus transportasi udara selama periode arus mudik dan arus balik Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
"Dengan menjamin kualitas layanan dan customer experience dalam rangka persiapan nataru ini yang paling penting adalah peningkatan layanan, Kemudian percepatan juga di check in counter dan juga kebersihan toilet," kata Dendi Danianto.
Dendi menambahkan, IAS juga menghadirkan berbagai rangkaian dan program promo diskon spesial diseluruh layanan yang dikelola oleh IAS Group yang terdiri dari Pax Concierge melalui layanan pelanggan “Joumpa”, layanan lounge di bandara “Concordia dan Saphire“, dan layanan baggage service bernama “It’s a Wrap".
"Dalam pelaksanaannya tentu kita akan bekerja sama baik itu Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan seluruh pihak terkait," ujarnya.
Selain itu para pelanggan akan mendapatkan keistimewaan sambutan saat mengunjungi berbagai layanan IAS Group di seluruh bandara yang dikelola oleh InJourney Airport." ungapnya
"Mulai dari beragam activation, welcoming letter, welcoming drink, special gift juga para petugas frontliner yang menggunakan baju atau aksesoris natal akan menyambut dan menyapa para pelanggan dengan hangat.” terangnya.
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko InJourney (INJ), Yudi Rizky Darun saat yang sama menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan dukungan terkait penyiapan personil di 37 bandara, InJourney Airport mengerahkan lebih kurang 16.000 personel untuk memastikan kelancaran aktivitas perjalanan penumpang selama periode nataru.
" 16.000 porsonil di mana baik itu customer service facility care, sebanyak 2.823 personil, dan trolleyman sebanyak 381 personil, ini untuk bisa memastikan agak hal hal yang dibutuhkan bisa tertangani dengan baik," terang Yudi.
Terkait jumlah pengunjung Yudi menyebut, terdapat peningkatan signifikan lonjakan penumpang dari tahun sebelumnya.
" Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, kita melihat bahwa diproyeksikan tahun ini pengunjung atau pergerakan warga Indonesia di nataru ini mencapai 111 juta atau meningkat 3% dari tahun sebelumnya. Suatu hal yang baik. Apalagi kalau kita mengacu kepada traffic recovery 2020 2002 satu ini adalah peningkatan yang sangat mengembirakan," tuturnya.
Selain pembentukan Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS), IAS juga melakukan kegiatan media tour dengan mengajak para awak media untuk melihat persiapan pelayanan IAS Group di bandara guna menyambut Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Media tour dimulai dari gate keberangkatan terminal 3 dengan memperkenalkan robotic waitress bernama Bella yang bertugas memberikan layanan khusus kepada penumpang untuk menciptakan customer experience yang baik, selanjutnya menuju area airside untuk melihat ketepatan waktu proses fibag/labag dan penanganan kargo melalui peralatan GSE yang bertaraf internasional.
Seperti diketahui, IAS memiliki 4 portfolio bisnis utama, yaitu Ground Handling & Cargo Terminal, Logistics, Hospitality dan Operations Support. IAS adalah gabungan dari 9 perusahaan yang memiliki 34.000 karyawan, komitment IAS akan terus melakukan peningkatan layanan pengguna jasa Bandara dan Airlines.(ALEK).

