Kampung Tajir di Jawa Timur Viral, Berikut Daftar Mobil yang Dimiliki Sultan Mandun

Kampung Tajir di Jawa Timur Viral, Berikut Daftar Mobil yang Dimiliki Sultan Mandun

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Kampung Mandun yang berada di Sumenep, Jawa Timur belakangan viral jadi perbincangan netizen. Pasalnya, di kampung itu sejumlah warganya memiliki rumah mewah miliaran rupiah serta mobil kinclong dengan teknologi modern.

Pembangunan satu rumah di kampung terpencil ini bisa menghabiskan biaya hingga Rp3 miliar. Rumah-rumah itu juga memiliki pagar-pagar tinggi sebagaimana kompleks elite di kota-kota besar.

Melansir cnnindonesia.com, sejak beberapa tahun belakangan, kampung ini dikenal 'Kampung Tajir'. Para penduduk kampung itu merupakan pedagang toko kelontong yang merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta.

Mereka bisa saja dengan mudah membeli mobil-mobil keluaran terbaru. Berikut daftar mobil yang bisa dibeli para sultan 'Kampung Tajir':

Toyota Corolla Cross Hybrid
Mobil ini bisa menjadi pilihan warga 'Kampung Tajir' di Sumenep. Corolla Cross Hybrid menjadi mobil elektrifikasi paling laris Toyota setelah Innova Zenix Hybrid.

Mobil ini dibekali mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan 96 hp dan torsi 142 Nm. Kemudian motor listriknya mampu menghasilkan 71 hp dan torsi sebesar 162 Nm.

Untuk harganya, saat ini Toyota membanderol Corolla Cross Hybrid di kisaran Rp540,9 juta.

Honda CR-V
Honda CR-V juga bisa menjadi pilihan untuk warga 'Kampung Tajir'. Honda menjual CR-V mulai dari Rp515,9 juta untuk varian terendah dan Rp653,4 juta untuk varian tertinggi.

Dapur pacu mobil ini yakni 1.5L 4-silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 katup. Dengan bekal tersebut, mesin dapat mengeluarkan tenaga 187 hp dan torsi puncak 240 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport
Warga 'Kampung Tajir' juga bisa memilih SUV Mitsubishi Pajero Sport sebagai tunggangan sehari-hari. Mobil ini dijual dengan harga mulai Rp545,6 juta hingga Rp728,5 juta.

Mobil ini menggendong mesin 2.5L Diesel Engine, 4 Silinder dan 16 katup. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 134 hp dan torsi puncak 324 Nm.

Toyota Fortuner
SUV lain yang bisa menjadi pilihan para sultan 'Kampung Tajir' adalah Toyota Fortuner. Mobil ini dibanderol mulai Rp548,6 juta hingga Rp715,3 juta.

Mesinnya menggunakan 2.4L Diesel, 4-silinder segaris 16 katup DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 148 hp dan torsi maksimal 400 Nm.

Toyota Innova Zenix Hybrid
Mobil selanjutnya yang bisa dibeli warga Kampung Mandun adalah Toyota Innova Zenix Hybrid.

Mobil ini dibekali dapur pacu baru, TNGA 2.0L berkode M20A7-FXS berkubikasi 1.987 cc empat silinder Dual-VVTi. Mesin ini mampu melepas 152 PS pada rpm 6.000 dan torsi 19,1 kgm pada 4.400- 5.200 rpm.

Mesin hybrid dipadukan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 kgm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem. Innova Zenix juga dilengkapi dengan transmisi baru, 10 speed direct shift CVT.

Toyota Innova Zenix Hybrid dijual paling murah Rp458 juta dan termahal Rp614 juta.

Hyundai Ioniq 5
Warga 'Kampung Tajir' juga bisa membeli mobil listrik seperti Hyundai Ioniq 5 yang merupakan mobil listrik berbasis baterai pertama buatan Indonesia

Terdapat empat varian Hyundai Ioniq yang dipasarkan di Tanah Air dan semuanya dihargai di bawah Rp1 miliar.

Mereka yakni Ioniq 5 prime standard range (dibanderol Rp748 juta), Ioniq 5 prime long range (Rp789 juta), Ioniq 5 signature standard range (Rp809 juta), dan Ioniq 5 signature long range (Rp859 juta).

Wuling Air EV
Mobil bertenaga baterai pabrikan asal China ini pertama diluncurkan pertengahan tahun 2022. Sejak itu, Wuling Air EV laris manis di pasaran.

Terdapat dua varian Air EV yang dijual dan dirakit di Indonesia, standar range dengan jarak tempuh 200 km yang dilego Rp250 juta dan long range dengan jarak tempuh 300 km yang dihargai Rp300 juta. Mobil ini juga cocok bagi para sultan dari 'Kampung Tajir' di Sumenep.***

(MG/jefri junius berkat halawa)

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya