Ketahui, Inilah Penyebab Pipi Bermunculan Jerawat

Ketahui, Inilah Penyebab Pipi Bermunculan Jerawat

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Jerawat adalah masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan karena dapat menjadikan seseorang tidak percaya diri, apalagi jika jerawat itu muncul di kulit wajah bagian pipi. Meskipun sebenarnya, jerawat tidak hanya muncul di bagian pipi saja, tetapi juga di punggung, dada, dagu, dahi, dan bagian tubuh lainnya.

Munculnya jerawat memang kerap menjadi momok bagi banyak orang khususnya kalangan remaja. Selain rasa perih di area munculnya jerawat, juga akan mempengaruhi rasa percaya diri banyak orang.

Sebagaimana dikutip dari halodoc.com, jerawat muncul ketika folikel yang menjadi tempat bertumbuhnya rambut mengalami penyumbatan karena sel kulit mati, bakteri, dan juga minyak alami pada kulit. Masalah kulit ini biasanya terjadi pada awal mula masa pubertas.

Munculnya jerawat di pipi memang sangat meresahkan. Sebab, gangguan ini bisa membuat penampilan menjadi tidak maksimal, sehingga rasa percaya diri jadi menurun. Sayangnya, munculnya jerawat, terutama pada area pipi, kerap terjadi karena kebiasaan yang tidak kamu sadari, misalnya:

1. Pola makan tidak sehat

Pola makanan yang tidak sehat bisa saja menghasilkan gula yang berlebih kemudian membuat kadar insulin dan kadar gula darah meningkat. Akibatnya, hormon di dalam tubuh akan terganggu.
Ketidakseimbangan hormon ini lah yang akan memicu terbentuknya minyak yang berlebih pada kulut wajah, sehingga lebih rentan bermunculan jerawat.

2. Stres

Stres memiliki hubungan erat dengan munculnya jerawat di pipi. Menurut studi yang dilakukan Clinical, Cosmetics, and Investigational Dermatology menunjukkan peningkatan kadar hormon kortisol saat sedang stres.

3. Pemakaian produk skincare yang tidak tepat

Tidak sesuainya penggunaan produk skincare dengan jenis kulit bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi. Karena memang kandungan dalam setiap produk kecantikan memang tidak sama dengan setiap jenis kulit.
Selain menyebabkan munculnya jerawat, menggunakan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa memicu munculnya iritasi dan peradangan pada kulit wajah.

4. Tidak mengganti sprei kasur

Jerawat bisa saja muncul karena kotornya sarung bantal dan sprei di kamar. Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa bahwa sprei bisa menjadi sarang kuman atau kotoran yang hinggap dari debu atap kamar atau dari luar kamar.

5. Tidak membersihkan wajah

Setelah beraktivitas, mungkin banyak orang yang kelelahan dan tidak sengaja tertidur pulaa sebelum mebersihkan wajah. Ketika itu, banyak residu dari riasan wajah atau bahkan kotoran dari polusi yang masih menempel di permukaan kulit wajah.
Sudah pasti, kebiasaan ini akan membuat jerawat lebih mudah muncul pada wajah. Bahkan, jika kamu terus-menerus abai dalam hal ini, wajah bukan tidak mungkin mengalami iritasi dan peradangan.

Nah, itu lah beberapa penyebab dari munculnya jerawat di permukaan pipi. Bagaimana, bisa kah anda lebih merawat kulit wajah anda dan meminimalisir munculnya jerawat di pipi?***

MG / Zul Farhan

Keyword: jerawat, remaja, pubertas, penampilan

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya