GANN Dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN

0 165

Lampung Timur, Kilasberita.id – Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Lampung Timur Sosialisasikan Rencana Aksi Nasional ( RAN) Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Prekursor Narkoba.

Sosialisasi yang dilakukan oleh DPC GANN Lampung Timur bersama Ketua Anwar Saleh diikuti jajaran pengurus lainya, sasaranya adalah memberikan pemahaman tentang bahaya Narkoba kepada para perangkat Desa dan Kepala Desa dengan bersilaturrahmi ke Balai Desa.

Poto : Sosialisasi P4GN Ke Perangkat Desa di Kab. Lampung Timur (Balai Desa)

Menurut Ketua GANN Lampung Timur, kegiatan seperti ini perlu dan harus sering dilakukan, karna kebanyakan perangkat desa minim pengetahuanya tentang Inpres Nomor 2 Tahun 2020 yang isinyanya Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Ia menambahkan, bahwa Kabupaten Lampung Timur masih tergolong cukup tinggi dalam peredaran barang haram tersebut. Maka ia menghimbau dan mengajak pihak yg terkait untuk bekerjasama memberantas peredaran Narkotika di Bumi Tuah Bepadan ini.

Menurut Anwar Saleh, dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah Lampung Timur, yang paling penting sinergitas antar instansi. Artinya permasalahan narkoba merupakan permasalahan bersama, Tidak terikat kepada tanggung jawab satu pihak, namun semua elemen masyarakat diminta berpartisipasi dalam menekan penyalahgunaan narkoba.

“Harus selalu bekerjasama untuk mencegah peredaran narkoba. Kita tidak akan bisa sendiri dalam memberantas narkoba harus semua kalangan ikut membantu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selama ini Kabupaten Lampung Timur telah melakukan berbagai langkah dalam upaya menekan penyalahgunaan narkoba. Seperti sosialisasi mengenai bahaya narkoba yang dilakukan oleh BNNK Lampung Timur (2019) masuk kedalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa, serta upaya lainnya dari Pemerintah dan instansi terkait. Sasarannya adalah para remaja yang rentan terimbas dari efek buruk narkoba.

Lamtim (Kiri), Anggota GaNN (no 2 kiri)

Karena itu,dalam setiap kesempatan pemerintah selalu menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Lampung Timur untuk berpartisipasi dalam menekan penyalahgunaan dan peredaran narkoba terutama dikalangan anak muda.

Inpres nomor 2 Tahun 2020 diterbitkan pada 28 Pebruari 2020. Melalui Inpres ini, Presiden menginstruksikan kepada Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Badan Intelijen Negara, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, Para Bupati /Wali Kota untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 sebagaimana dimaksud dalam lampiran Instruksi Presiden ini dan Melaporkan hasil pelaksanaannya.

Presiden menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan memfasilitasi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam mengoordinasikan Kementerian dan Lembaga untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Sebagaimana tercantum dalam Inpres ini, Presiden juga menginstruksikan kepada Menteri Dalam Negeri melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pemerintah Daerah dalam melakukan fasilitasi dan melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Selain itu, Presiden juga menginstruksikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional: mengoordinasikan perencanaan kegiatan dan penganggaran untuk pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 dan melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Untuk itulah GANN Lampung Timur sangat mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak, karna GANN adalah Lembaga yang berdiri sendiri tanpa adanya gaji, hanya berdasarkan keprihatinan, rasa tanggungjawab dan loyalitas yang tinggi serta jiwa sosial dari anggotanya lah walaupun dengan tertatih-tatih mereka tetap melakukan sosialisasi dengan keterbatasan mereka.

Ketua DPC GANN L as mpung Timur, Anwar Saleh berharap Pemerintah Kabupaten dapat memperhatikan mereka para penggiat yang ada dilapangan, suntikan modal, moral dan support dari instansi-instansi pemerintah maupun swasta juga berperan penting dalam menuju Bumi Tuah Bepadan Bersih dari Peradaran gelap Narkotika.

Ajb

Leave A Reply

Your email address will not be published.