Musim Penghujan Tiba di Bogor, Warga Jasinga Minta TPT Sungai Cidurian Segara Diperbaiki 

Musim Penghujan Tiba di Bogor, Warga Jasinga Minta TPT Sungai Cidurian Segara Diperbaiki 

Smallest Font
Largest Font

BOGOR- Warga Desa Kalongsawah khawatirkan tembok penahan tebing (TPT) di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Cidurian, Kampung Peuteuy, Kecamatan Jasinga, Bogor, ambruk karena tidak kuat menahan derasnya aliran sungai.

Kekhawatiran Warga itu, memuncak disaat Kabupaten Bogor mengahadapi musim penghujan, dimana TPT itu sampai saat ini belum ada perbaikan dari Balai Besar wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian. 

Sebelumnya pernah terjadi banjir bandang pada tahun 2020 lalu, hingga  menimbulkan kerusakan rumah warga. Tetapi sangat disayangkan TPT tersebut hingga saat ini belum diperbaiki. 

Warga Desa Kalongsawah,  Paril Saepuloh menyatakan ambruknya TPT tersebut sangat mengancam keselamatan warga, karena lokasi ambruknya TPT di sungai Cidurian ini sangat berdekatan dengan pemukiman warga. 

"Tembok penahan tanah yang ambruk itu sepanjang 500 meter, padahal sudah diajukan dan sudah ada beberapa pihak Desa yang datang ke lokasi namun sampai saat ini belum terwujud" ujar Paril, ketika dihubungi Kilas Berita, pada Sabtu (12/10/24). 

Sama halnya dengan tokoh agama Desa Kalongsawah, Ustad Hasan Basri, menurutnya TPT Sungai Cidurian tidak kunjung diperbaiki dikhawatirkan menimbulkan bencana alam dikemudian hari. 

"Jika tidak segera diperbaiki dan ada hujan deras besar potensi tanah sekitar sungai akan terkikis, sehingga banjir dan longsor akan mengancam warga kampung Peuteuy RT 02/02 ," ucap kyai hasan basri.. 

Ia berharap pemerintah segara melakukan perbaikan TPT tersebut untuk mencegah terjadinya bencana. 

" Warga ingin segera dilakukan pembangunan TPT tersebut agar warga merasa aman saat hujan deras datang", ungkapnya. 

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor sudah menyurati Kepala BBWS Cidanau Ciujung Cidurian pada 30 Juli 2024 lalu. 

Dalam surat tersebut PUPR Kabupaten Bogor meminta BBWS Cidanau Cijujung Cidurian segara melakukan perbaikan sebagai upaya penanganan kejadian longsor di bantaran kali Cidurian.  

BMKG merilis bahwa, musim hujan di Bogor diprediksi akan dimulai pada Dasarian II-III September 2024 untuk wilayah barat dan tengah Bogor. Sebagian wilayah Kabupaten Bogor lainnya diprediksi akan masuk musim hujan pada Dasarian I-III Oktober 2024.

Hingga berita ini ditayangkan, TPT di aliran sungai tersebut tidak kunjung diperbaiki. FR

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Suferi Author

Populer Lainnya