Pelaksanaan Maulid Nabi di PAUD AR-ROBBANIYYAH sebagai Implementasi P5 dalam Kurikulum Merdeka
KILASBERITA.ID - Pada Hari Jum'at tanggal 18 Oktober yang lalu, PAUD AR-ROBBANIYYAH menyelenggarakan kegiatan Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Pelaksanaan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan nilai-nilai moral dan sosial melalui kegiatan yang sesuai dengan usia anak.
Dalam Kurikulum Merdeka, kegiatan ini dapat diintegrasikan dengan penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang menekankan pembentukan karakter pada anak sejak dini.
Implementasi P5 melalui kegiatan Maulid Nabi di PAUD AR-ROBBANIYYAH sangat membantu dalam mengembangkan nilai-nilai Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Gotong Royong, Kreatif, kepedulian sosial dan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
Pelaksanaan Kegiatan ini sesuai dengan P5 yang mengandung nilai-nilai sebagai berikut :
1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Di usia PAUD, penanaman nilai-nilai keagamaan dan akhlak mulia sangat penting. Perayaan Maulid Nabi ini dapat merupakan kesempatan untuk memperkenalkan anak-anak pada keteladanan Nabi Muhammad yang sederhana, jujur, dan penuh kasih sayang.
Kegiatan yang dilakukan adalah Mendongeng kisah kisah-kisah teladan yang dilakukan oleh pendongeng "Kak Subhan", yang bercerita tentang kehidupan Nabi Muhammad yang penuh kebaikan, cinta kasih, dan peduli terhadap sesama. Ini akan membantu anak mengenal sosok teladan dalam kehidupan mereka.
2. Gotong Royong
Kegiatan Maulid Nabi dapat memperkenalkan konsep gotong royong sejak dini melalui kegiatan bersama yang sederhana dan menyenangkan, Anak-anak dilibatkan dalam beberapa hal untuk membantu membuat dekorasi sederhana untuk peringatan Maulid Nabi.
Selain itu anak-anak diajak untuk saling berbagi makanan yang dibawa dari rumah dengan teman-teman, sebagai bagian dari pembelajaran tentang berbagi dan peduli sesama.
3. Kreatif
Pelaksanaan Kegiatan Maulid ini dirancang dengan kegiatan kreatif yang dapat membantu anak-anak mengekspresikan diri dan belajar sambil bermain
Pada kesempatan ini anak-anak diajak aktif berkomunikasi dengan pendongeng dan karakter yang dibawa oleh pendongeng. Selain itu anak-anak tampil ke panggung untuk melakukan pertunjukan menari yang diiringi lagu Islami dan membacakan hafalan surat -surat pendek dan do'a sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan kepada mereka untuk bekerja sama dan mengekspresikan diri secara kreatif.
4. Berkebhinekaan Global dan Kepedulian Sosial
Meskipun Maulid Nabi adalah perayaan yang spesifik bagi umat Islam, Namun pada kegiatan maulid di PAUD AR-ROBBANIYYAH ini digunakan sebagai kesempatan untuk mengajarkan anak-anak tentang toleransi dan keberagaman serta kepekaan sosial terhadap isu kemanusiaan global
Dalam hal ini Pengelola, atas kerjasama dengan lembaga Yatim Mandiri serta Pendongeng 'Kak Subhan' pada kegiatan ini dilakukan penggalangan donasi kemanusiaan untuk Rakyat Palestina yang sedang mengalami kesulitan akibat tragedi yang terjadi disana. Selain itu Keterlibatan orang tua dari berbagai latar belakang untuk berpartisipasi dalam kegiatan dapat menunjukkan kepada anak-anak bahwa keberagaman adalah hal yang positif.
5. Mandiri
Kegiatan Maulid Nabi dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan kemandirian mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana. Anak-anak diminta untuk memilih atau menyiapkan pakaian terbaik mereka untuk merayakan Maulid Nabi dengan sedikit bantuan dari orang tua, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian.
Selain itu anak-anak membantu menata ruangan atau merapikan tempat setelah acara, sehingga mereka belajar tanggung jawab.
6. Bernalar Kritis
Kegiatan mendongeng pada Acara Maulid Nabi di PAUD AR-ROBBANIYYAH, mendorong pengembangan bernalar kritis pada anak dan mendorong mereka berpikir tentang konsep moral dan etika secara sederhana.
Untuk membangun nalar yang kritis dilakukan tanya jawab tentang keteladanan Nabi kepada anak, hal Ini melatih anak-anak untuk berpikir tentang tindakan mereka dan dampaknya terhadap orang lain.
Dengan rancangan kegiatan perayaan Maulid Nabi yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak PAUD, kita tidak hanya mengenalkan nilai-nilai keagamaan tetapi juga mengintegrasikan penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pendekatan yang menyenangkan dan edukatif.
Pendekatan ini akan membantu anak-anak membangun fondasi moral yang kuat sejak dini, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang berkarakter dan bertanggung jawab di masa depan.
(Jatmika Fajar Sasmita)